Digital Library
Perpustakaan Universitas Negeri Surabaya
Home
Login
Hub. Kami
Statistik
Tipe Dokumen
- Pilih -
Disertasi
Karya Akhir S1
Karya Akhir S2
Karya Akhir S3
Skripsi
Tesis
Tugas Akhir D3
Tugas Akhir D4
Fakultas
- Pilih -
Fak. Ilmu Pendidikan
Fak. Bahasa & Seni
Fak. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Fak. Ilmu Sosial & Hukum
Fak. Teknik
Fak. Ekonomi
Pasca Sarjana
Fak. Vokasi
Fak. Ekonomi
Fak. Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Judul
Penulis
Search
Advanced Search
Jenis Dokumen
Disertasi
Karya Akhir S1
Karya Akhir S2
Karya Akhir S3
Skripsi
Tesis
Tugas Akhir D3
Tugas Akhir D4
Fakultas
Ilmu Pendidikan
Bahasa & Seni
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Sosial & Politik
Hukum
Psikologi
Teknik
Ekonomika dan Bisnis
Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Vokasi
Pascasarjana
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK PADA MATERI SIKLUS AIR KELAS V SEKOLAH DASAR
Kode Dokumen
:
0076/FIP-PGSD/2021
Penulis Utama
:
DWI RISKA MIFTAHUL JANNAH
NIM Penulis Utama
:
17010644048
Tahun
:
2021
Judul ID
:
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK PADA MATERI SIKLUS AIR KELAS V SEKOLAH DASAR
Judul EN
:
DEVELOPMENT OF POP-UP BOOK LEARNING MEDIA ON WATER CYCLE MATERIAL IN CLASS V ELEMENTARY SCHOOL
Sumber
:
UNESA - Fakultas Ilmu Pendidikan - Jurusan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar - 17010644048 - 2021
Jenis Dokumen
:
Skripsi
Abstrak ID
:
Pop-up Book merupakan pengembangan media berbentuk buku timbul tiga dimensi yang dilatarbelakangi oleh keterbatasan guru dalam menyiapkan media yang menarik, terbatasnya koleksi sekolah, serta kurangnya kesadaran guru terkait pentingnya media untuk menunjang proses pembelajaran di Sekolah Dasar. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan pop-up book yang layak dengan mengukur kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pada materi siklus air. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalan R&D dari Borg and Gall terdapat 10 tahapan namun peneliti hanya memakai 7 tahapan karena adanya pandemic covid-19. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 10 siswa kelas V SDN Gilang I Sidoarjo. Instrumen yang dipakai yaitu lembar validasi media dan materi, lembar angket guru dan siswa, dan lembar pre-test dan post-test. Teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif berupa KKM, presentase dan N-Gain. Hasil kevalidan media melalui uji validasi mendapatkan presentase sebesar 91,76%, kevalidan materi 88,57%, kepraktisan angket respon guru sebesar 98% dan angket respon siswa sebesar 93,4% sehingga didapatkan skor rerata 95,7% serta keefektifan media diperoleh persentase ketuntasan belajar sebesar 100% dan N-Gain 0,6781 dengan kategori peningkatan hasil belajar sedang yang berarti sangat efektif untuk digunakan. Sehingga, media pop-up book materi siklus air dapat dikatakan layak untuk digunakan. Kata Kunci: pengembangan media, pop-up book, siklus air.
Abstrak EN
:
Pop-up Book is a media development in the form of a three-dimensional emergent book which is motivated by the limitations of teachers in preparing attractive media, limited school collections, and the lack of teacher awareness regarding the importance of media to support the learning process in elementary schools. This study aims to develop a viable pop-up book by measuring the validity, practicality and effectiveness of the media on the water cycle material. The type of research used in this research is R&D from Borg and Gall, there are 10 stages, but researchers only use 7 stages because of the Covid-19 pandemic. The subjects in this study were 10 grade V students of SDN Gilang I Sidoarjo. The instruments used were media and material validation sheets, teacher and student questionnaire sheets, and pre-test and post-test sheets. The data analysis technique used descriptive statistics in the form of KKM, percentage and N-Gain. The results of the validity of the media through the validation test obtained a percentage of 91.76%, the validity of the material was 88.57%, the practicality of the teacher's response questionnaire was 98% and the student response questionnaire was 93.4% so that a mean score of 95.7% was obtained and the effectiveness of the media was obtained as a percentage. learning completeness of 100% and N- Gain 0.6781 with the category of moderate learning outcome improvement, which means that it is very effective to use. So, the water cycle material pop-up book media can be said to be feasible to use. Keywords: media development, pop-up book, water cycle.
Tautan Artikel
File Abstrak
File Lampiran