Minat untuk menjadi seorang pendidik timbul karena adanya kemauan dari diri sendiri dan
diperkuat dengan beberapa faktor didalamnya. Maksud dari penelitian ini yakni untuk menganalisis
variabel Efikasi diri, persepsi tentang profesi guru, dan informasi dunia kerja terhadap minat menjadi
guru akuntansi dengan diperkuat dengan variabel moderating lingkungan keluarga. Adapun populasi
dalam penelitian ini berjumlahkan 285 responden. Teknik pengambilan data yang digunakan yakni
sampel acak sederhana dengan total akhir perhitungan 74 responden. Metode pengumpulan data yang
digunakan yaitu kuisioner. Hasil perhitungan ini menunjukkan bahwa: (1). Adanya pengaruh secara
langsung efikasi diri hal ini terbukti nilai P-value sebesar 0.017 dan informasi dunia kerja terbukti
nilai p-value sebesar <0.001 terhadap minat menjadi seorang guru akuntansi. (2).Tidak adanya
pengaruh secara langsung persepsi profesi guru terhadap minat menjadi guru akuntansi terbukti bahwa
nilai p-value sebesar 0.062 serta (3). lingkungan keluarga tidak dapat memoderasi hubungan dari
ketiga variabel terhadap minat menjadi guru. Hal ini terbukti bahwa nilai p-value dari setiap variabel
sebesar 0.380, 0.077, dan 0.468.