PENGARUH PENGETAHUAN, KREATIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA SISWA SMK PROGRAM KEAHLIAN AGRIBISNIS PERIKANAN
THE INFLUENCE OF KNOWLEDGE, CREATIVITY AND LEARNING MOTIVATION ON ENTREPRENEURIAL INTENTIONS OF FISHERIES AGRIBUSINESS VOCATIONAL HIGH SCHOOL STUDENTS
ABSTRAK
Priyono
Universitas Negeri Surabaya Sekolah Pasca Sarjana 2024
SMK sebagai pendidikan kejuruan yang bertujuan mempersiapkan siswanya untuk bekerja atau berwirausaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh pengetahuan, kreativitas dan motivasi belajar terhadap minat berwirausaha pada siswa SMK Program Keahlian Agribisnis Perikanan.
Penelitian merupakan penelitian kuantitaif dengan populasi siswa SMK program Keahlian Agribisnis Perikanan. Sampel terdiri dari siswa kelas XI program Keahlian Agribisnis Perikanan pada SMK Negeri 2 Pacitan, SMK Negeri Ngadirojo, SMK Negeri Kademangan serta SMK Negeri 1 Grati. Teknik pengumpulan data mengunakan studi dokumentasi dan kuesioner melalui google form. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda.
Dari uji regresi linear berganda diperoleh nilai koefisien variabel pengetahuan adalah -0,019 artinya pengetahuan mempunyai koefisien negatif atau tidak terjadi hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan minat berwirausaha. Dari uji hipotesis variabel kreativitas (X2) diperoleh nilai t hitung < 0.05 dan bernilai 0.0000 yang berarti kreativitas berpengaruh signifikan secara parsial terhadap minat berwirausaha (Y). Serta variabel motivasi belajar (X3) memperoleh nilai t hitung < 0.05 dan bernilai 0.0000 yang berarti bahwa motivasi belajar berpengaruh signifikan secara parsial terhadap minat berwirausaha (Y). Dari uji simultan menunjukkan bahwa pengetahuan (X1), kreativitas (X2), dan motivasi belajar (X3) berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha (Y) siswa SMK Program Keahlian Agribisnis Perikanan.
Sehingga perlu upaya untuk meningkatkan, kreativitas serta motivasi belajar dalam pembelajaran agar meningkatkan minat berwirausaha khususnya pada siswa SMK program keahlian Agribisnis Perikanan.
Kata kunci : pengetahuan, kreativitas, motivasi belajar , minat berwirausaha, agribisnis perikanan
ABSTRACT
Surabaya State University Postgraduate School 2024
Vocational High School (SMK) is a form of formal education unit that provides vocational education that prepares students to work in certain fields or become entrepreneurs according to their competencies. The aim of this research is analyze the influence of knowledge, creativity, and learning motivation on entrepreneurial intentions of vocational school students majoring in Fisheries Agribusiness.
This research uses quantitative research. The population is all of vocational school students in Fisheries Agribusiness. Meanwhile, the sample consists of students at the eleventh grade of Fisheries Agribusiness of SMK Negeri 2 Pacitan, SMK Negeri Ngadirojo, SMK Negeri Kademangan and SMK Negeri 1 Grati. The data collection technique of this reseach was caried out using dokumnetation and questionnaire. Data analyzed uses multiple linear regression analysis.
From the multiple linear regression test, the coefficient value of the knowledge variable is -0.019, meaning that the knowledge variable has a negative coefficient or there is no significant relationship between knowledge and enterprenerial intentions. The results of testing the research hypothesis, the creativity variable (X2), the t< 0.05 and had a value of 0.0000, which means that the creativity variable had a partially significant effect on the entrepreneurial intentions variable (Y). As well as the learning motivation variable (X3), the t < 0.05 and a value of 0.0000, which means that the learning motivation had a partially significant effect on the entrepreneurial intentions (Y). Thus, it was found that knowledge there is no significant relationship between knowledge and enterprenerial intentions and creativity (X2), and learning motivation (X3) jointly had a significant effect on the entrepreneurship intentions (Y) of vocational high school students in Fisheries Agribusiness.
Therefore, it is necessary to make efforts to increase creativity and motivation in learning so that they can increase interest in entrepreneurship, especially on students majoring in Fisheries Agribusiness.
Key words: knowledge, creativity, learning motivation, entrepreneurship intentions, fisheries agribusiness