PROFIL MISKONSEPSI SISWA SMA KELAS XI PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR
PROFIL MISCONCEPTION’S STUDENTS OF CLASS XI ON ALGEBRAL FUNCTION DERIVATES
Identifikasi miskonsepsi siswa penting dilakukan agar dapat membantu siswa dalam mengurangi dan menempatkan kembali pengetahuan awal menjadi konsep yang sesuai dengan teori dan pendapat para ahli. Tujuan dari dari penelitian ini adalah mengidentifikasi miskonsepsi yang dialami oleh siswa materi turunan fungsi aljabar, mengetahui penyebab terjadinya miskonsepsi dan memberikan beberapa alternatif yang bisa digunakan untuk mengurangi terjadinya miskonsepsi siswa pada materi turunan fungsi aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan kepada siswa kelas XI SMA, instrumen pengumpulan data dapat berupa tes miskonsepsi yang terdiri dari 10 pertanyaan dan wawancara semi-terstruktur.Pemilihan subjek dilakukan dengan mempertimbangkan hasil tes pekerjaan siswa dengan tingkat CRI yang tinggi. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1) Miskonsepsi yang dialami oleh siswa adalah jenis miskonsepsi klarifikasional dan miskonsepsi teoritikal. (2) Miskonsepsi dialami oleh siswa dikarenakan kurangnya penekanan materi dan konsep turunan fungsi aljabar oleh guru matematika kepada siswa saat pembelajaran berlangsung, adanya kesalahan pemahaman oleh individu saat kegiatan pembelajaran, dan adanya kendala dengan jaringan internet saat pembelajaran matematika secara daring berlangsung.(3).Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi terjadinya miskonsepsi pada materi turunan fungsi aljabar adalah dengan menerapkan model pembelajaran generatif dan bantuan softwere algebra system maple pada turunan fungsi aljabar.
Kata Kunci: Miskonsepsi,CRI, Profil, Turunan
Identification of students' misconceptions is important to help students reduce and put back their initial knowledge into concepts. The purpose of this study is to identify the misconceptions experienced by students in the material derived from algebraic functions, to find out the causes of misconceptions and to provide several alternatives that can be used to reduce students' misconceptions in the material derived from algebraic functions. This research is a descriptive research with a qualitative approach. The study was conducted on students of class XI SMA, the data collection instrument could be a misconception test consisting of 10 questions and semi-structured interviews. Subject selection was carried out by considering the results of student work tests with a high CRI level. Based on the results of data analysis in this study, it can be concluded that: (1) The misconceptions experienced by students are types of clarificational misconceptions and theoretical misconceptions. (2) The misconceptions experienced by students are due to the lack of emphasis on material and the concept of derivatives of algebraic functions by mathematics teachers to students during learning, there are misunderstandings by individuals during learning activities, and problems with the internet network when online mathematics learning takes place. (3) Efforts that can be made to reduce the occurrence of misconceptions in the material derived from algebraic functions are by applying a generative learning model or use maple system algebra software on the derivatives of algebraic functions.
Keywords: Misconceptions,CRI,Profiles,Derivatives of algebraic functions