Pengembangan Model Project Flipped Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Pada Anak Usia Dini.
Development of Project Flipped Based Learning Model to Improve Literacy and Numeracy Skills in Early Childhood
Kurniawati, Novfitri. 2024. Pengembangan Model Project Flipped Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Pada Anak Usia Dini. Disertasi, Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Mustaji, M.Pd. dan (II) Prof. Dr. Bachtiar S. Bachri, M.Pd.
Kata-kata Kunci: Project Flipped Based Learning, Kemampuan Literasi, Kemampuan Numerasi, Anak Usia Dini.
Kemampuan literasi dan numerasi sangat penting bagi anak usia dini sebagai bekal dan dasar mereka untuk memasuki jenjang sekolah dasar. Permasalahan yang terjadi adalah kemampuan literasi dan numerasi anak di TIk Aisyiyah 66 masih rendah dan terjadi miskonsepsi pembelajaran pada masa transisi PAUD. Dengan kondisi demikian dibutuhkan model pembelajaran yang dapat memfasilitas segala kebutuhan belajar anak usia dini untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji kelayakan model project flipped based learning; (2) menguji kepraktisan model project flipped based learning; dan (3) menguji keefektifan model project flipped based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi pada anak usia dini.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE. Desain uji coba yang dilakuakn untuk menguji keefektifan model menggunakan one group pretest postes design. Subjek penelitian ini merupakan 30 peserta didik kelompok B TK Aisyiyah 66 Surabaya. Instrumen pengumpulan data penelitian menggunakan angket/kuesioner untuk mengukur kelayakan dan kepraktisan model project based flipped learning. Instrumen pengumpulan data tes juga digunakan untuk mengukur kemampuan literasi dan numerasi peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data persentase untuk mengukur kelayakn dan kepraktisan model pembelajaran, serta uji-t untuk mengukur keefektifan model pembelajaran.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penelitian berhasil mengembangkan model project flipped based learning dengan layak dan praktis dengan rincian hasil (1) model pembelajaran telah layak dengan skor 100%; (2) modul ajar telah layak dengan skor 100%’ (3) materi telah layak dengan skor 100%; (4) LKPD layak dengan skor 100%. Temuan lain dari penelitian ini menunjukkan bahwa model project flipped based learning efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi. Terjadi peningkatan nilai dari pretes menjadi lebih tinggi di postes. Hasil uji-t menunjukkan adanya perbedaan nilai yang signifikan dengan perolehan Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,050. Saran dari penelitian ini model PBFL perlu dilakukan penerapan lebih lanjut pada kelompok belajar lain yang sekiranya memerlukan fasilitas model pembelajaran yang tepat dalam penguasaan kemampuan literasi dan numerasi. Selain itu analisis ulang diperlukan jika model ini hendak diterapkan pada sasaran atau mata pelajaran lain.
ABSTRACT
Kurniawati, Novfitri. 2024. Development of Project Flipped Based Learning Model to Improve Literacy and Numeracy Skills in Early Childhood. Dissertation, Educational Technology Study Program, Faculty of Education, Surabaya State University. Advisors: (I) Prof. Dr. Mustaji, M.Pd. and (II) Prof. Dr. Bachtiar S. Bachri, M.Pd.
Key Words: Project Flipped Based Learning, Kemampuan Literasi, Kemampuan Numerasi, Anak Usia Dini.
Literacy and numeracy skills are very important for early childhood as a provision and basis for them to enter elementary school. The problem that occurs is that the literacy and numeracy skills of children in Aisyiyah 66 Kindergarten are still low and there are misconceptions about learning during the PAUD transition period. With these conditions, a learning model is needed that can facilitate all students' learning needs to improve literacy and numeracy skills. This study aims to (1) test the feasibility of the project flipped based learning model; (2) test the practicality of the project flipped based learning model; and (3) test the effectiveness of the project flipped based learning model to improve literacy and numeracy skills in early childhood.
This study is a development study using the ADDIE development procedure. The trial design carried out to test the effectiveness of the model used a one group pretest posttest design. The subjects of this study were 30 group B students of Aisyiyah 66 Kindergarten, Surabaya. The research data collection instrument used a questionnaire to measure the feasibility and practicality of the project flipped based learning model. The test data collection instrument was also used to measure students' literacy and numeracy skills. The data analysis technique used in this study was the percentage data analysis technique to measure the feasibility and practicality of the learning model, and the t-test to measure the effectiveness of the learning model.
The results of this study indicate that the researcher has succeeded in developing a feasible and practical project-based flipped learning model with the following results: (1) the learning model is feasible with a score of 100%; (2) the teaching module is feasible with a score of 100%; (3) the material is feasible with a score of 100%; (4) LKPD is feasible with a score of 100%. Other findings from this study indicate that the project-based flipped learning model is effective in improving literacy and numeracy skills. There was an increase in the value from the pretest to higher in the posttest. The results of the t-test showed a significant difference in value with the acquisition of Sig. (2-tailed) 0.000 <0.050. Suggestions from this research are that the PFBL model needs to be further applied to other learning groups that need appropriate learning model facilities in mastering literacy and numeracy skills. Apart from that, re-analysis is needed if this model is to be applied to other targets or subjects.