Pengembangan Media Setara Berbasis Android Pada Pembelajaran IPS Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia Pada Kelas IV Sekolah Dasar
Development of Android-Based Setara Media in Social Studies Learning on Ethnic and Cultural Diversity in Indonesia in Fourth Grade Elementary Schools
Hidayat, Fajar Makkih. 2020. Pengembangan Media Setara Berbasis Android Pada Pembelajaran IPS Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia Pada Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis. Pendidikan Dasar. Pascasarjana. Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (1)Drs. Nasution, M.Hum., M.Ed., Ph.D. (2) Dr. Yoyok Yermiandhoko, M.Pd.
Kata Kunci: Media SETARA, Android, IPS, Hasil Belajar
Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pembelajaran IPSmateri keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia kelas IV. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan Prestest- Posttest Control Group Design, dengan menggunakan model pengembangan 4D meliputi empat tahap yaitu Define, Design, Development and Dissemination. Responden penelitian ini kelas IV dengan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen menggunakan angket validasi, angket kepraktisan dan tes hasil belajar. Tujuan dari penelitian meliputi (1) Menjelaskan kevalidan produk media Setara berbasis android dapat diterapkan pada pembelajaran IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia. (2 Menjelaskan kepraktisan produk media Setara berbasis android pada pembelajaran IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia (3) Menjelaskan keefektifan dengan melakukan analisis dan membuktikan bahwa produk media Setara berbasis android pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV Sekolah dasar.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan validasi oleh validator ahli materi memperoleh skor sebesar 54 dari skor maksimal sebesar 60 sehingga mendapatkan presentase 90%. Hasil validasi oleh validator ahli media memperoleh skor sebesar 59 dari skor maksimal sebesar 60 sehingga mendapatkan presentase 98% dalam kriteria sangat baik. Hasil angket respon uji coba terbatas kepada 5 peserta didik terkait kepraktisan penggunaan produk memperoleh skor sebesar 194 dari skor maksimal sebesar 200 dengan dengan persentase sebesar 96%, sedangkan hasil angket respon uji coba luas kelas eksperiment terkait kepraktisan penggunaan produk memperoleh skor 779 dari skor maksimal sebesar 800 dengan Persentase sebesar 97,3%, dapat dikategorikan sangat baik berdasarkan acuan penentuan kriteria tingkat kepraktisan. Keefektifan produk dapat dilihat dari hasil pemberian tes yang diberikan kepada peserta didik Hasil pada ujicoba secara terbatas mendapatkan skor sebesar 420 dari 5 peserta didik sehingga diperoleh rata-rata skor sebesar 84% dari 5 peserta didik tersebut. Pada Uji coba secara luas dilakukan dengan menggunakan control grup class dengan subjek 2 kelas.
Hasil pada ujicoba secara luas kelas kontrol mendapatkan skor sebesar 1425 pada saat pretest dan 1475 pada saat posttest dengan perolehan N-gain sebesar 0,08. Hasil pada ujicoba secara luas kelas eksperiment mendapatkan skor sebesar 1520 pada saat pretest dan 1710 pada saat posttest dengan perolehan N-gain sebesar 0,4. Pada uji T-test menunjukkan bahwa kelas kontrol dan kelas eksperimen mendapatkan sig. (2-tailed) sebesar 0,022 lebih besar dari 0,05 yang menunjukan tidak ada perbedaan signifikan pada hasil pretest peserta didik. Sedangkan pada posttest diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,00 yang menunjukan terdapat perbedaan hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan mengunakan media Setara. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Setara dapat dijadikan media inovatif pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan antusiasme peserta didik secara aktif dan hasil belajar peserta didikserta dapat mengoptimalkan penggunaan smartphoneyang lebih baik oleh peserta didik.
Hidayat, Fajar Makkih. 2020. Development of Android-Based Setara Media in Social Studies Learning on Ethnic and Cultural Diversity in Indonesia in Fourth Grade Elementary Schools. Thesis.Primary Education. Post Graduate School. Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (1)Drs. Nasution, M.Hum., M.Ed., Ph.D. (2) Dr. Yoyok Yermiandhoko, M.Pd.
Keywords: Setara Media, Android, IPS, Learning Outcomes
This development research was carried out to improve the learning outcomes of social studies learning students in grade IV in a chapter of the diversity of ethnic groups and cultures in Indonesia. This type of research is Research and Development (R&D) with Pretest-Posttest Control Group Design, using the 4D development model which includes four stages, namely Define, Design, Development, and Dissemination. The respondents of this research are grade IV with the experimental group and the control group. The instrument used a validation questionnaire, a practicality questionnaire, and a learning outcome test. The aims of the study are (1) Explaining the validity of Android-based Setara media products that can be applied to social studies on the diversity of ethnic groups and cultures in Indonesia. (2) Explaining the practicality of Android-based SETARA media products on social studies on the ethnic and cultural diversity in Indonesia (3) Explaining the effectiveness by analyzing and proving that Android-based Setara media products in social studies can improve learning outcomes of fourth-grade elementary school students.
The results of this study indicate that validation by material expert validators obtained a score of 54 from a maximum score of 60 so that a percentage of 90% was obtained. The results of the validation by the media expert validator obtained a score of 59 out of a maximum score of 60 so that the percentage was 98% in very good criteria. The results of the limited trial response questionnaire to 5 students related to the practicality of using the product obtained a score of 194 out of a maximum score of 200 with a percentage of 96%, while the results of the questionnaire response to the experimental class area of the experiment related to the practicality of using the product obtained a score of 779 from a maximum score of 800 with a percentage of 97.3%, can be categorized as very good based on the criteria for determining practicality level criteria. The effectiveness of the product can be seen from the results of the test given to students. The results on the limited trial obtained a score of 420 out of 5 students so that an average score of 84% was obtained from the 5 students. In an extensive trial, it was carried out using a control group class with 2 class subjects.
The results of the extensive trial control class got a score of 1425 at the pretest and 1475 at the time of the posttest with an N-gain of 0.08. The results of the broad trial of the experimental class got a score of 1520 at the pretest and 1710 at the posttest with the N-gain of 0.4. The T-test shows that the control class and the experimental class get sig. (2-tailed) 0.022 which is greater than 0.05 which indicates that there is no significant difference in the pretest results of students. Meanwhile, in the posttest, the sig value is obtained. (2-tailed) of 0.00 which indicates that there are differences in learning outcomes of the control class and the experimental class after being given treatment using Setara media. Thus it can be concluded that SETARA media can be used as an innovative media in social studies learning that can increase the enthusiasm of students actively and student learning outcomes and can better optimize the use of smart phones for students.