Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk memperoleh software Demische (Decreasing misconception in chemical equilibrium) yang layak melalui strategi conceptual change text yang dikembangkan sebagai media pembelajaran sebagai pendeteksi dan pereduksi miskonsepsi pada materi kesetimbangan kimia kelas XI SMA. Kelayakan software dapat diketahui dari tiga aspek, meliputi (1) validitas software yang ditinjau dari hasil validitas isi dan konstruk software Demische, (2) kepraktisan software yang ditinjau dari hasil respon siswa dan didukung dengan observasi aktivitas siswa, serta (3) keefektifan software yang ditinjau dari hasil pergeseran konsepsi siswa dari miskonsepsi menjadi tahu konsep. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode Research and Development (R&D) berdasarkan Borg & Gall, dengan subyek penelitian 12 siswa di kelas XI MIA 7 SMA Negeri 1 Pandaan Kabupaten Pasuruan yang telah mempelajari materi kesetimbangan kimia dan berpotensi mengalami miskonsepsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa software Demische yang dikembangkan layak digunakan sebagai pendeteksi dan pereduksi miskonsepsi pada materi kesetimbangan kimia. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan hasil yang diperoleh dari tiga aspek kelayakan software, meliputi (1) persentase hasil validasi isi sebesar 83,06% dengan kriteria sangat valid dan persentase hasil validasi konstruk sebesar 85,60% dengan kriteria sangat valid, (2) persentase hasil respon siswa sebedar 91,11% kriteria sangat praktis, dan (3) persentase pergeseran konsepsi siswa dari miskonsepsi menjadi tahu konsep pada ketiga konsep memperoleh persentase keseluruhan sebesar 84,92% dengan kategori sangat efektif.
This research is used to obtain Demische (Decreasing misconception in chemical equilibrium) software that is proper through conceptual change text strategy that is developed as learning media to detect and reduce misconception in chemical equilibrium 11th grade. Software feasibility can be known by three aspects that are (1) software validity based on content and construct validity, (2) practicality based on student response questionnaire supported by student observation activities, (3) effectiveness based on shifting understanding of student conceptions from misconceptions to knowing the concepts. This research uses Research and Development (R&D) method based on Borg and Gall, with 12 subject that are the students of 11th grade at SMAN 1 Pandaan, Pasuruan who have studied chemical equilibrium and have potential to misconception. The result shows that Demische software was used to detect and reduce misconception through conceptual change text strategy in chemical equilibrium which can be known by three aspects that are (1) the average percentage of content validity is 83,06% and construct validity is 85,60%, both of validity are categorized as highly valid; (2) the average percentage of student response is 91,11% and categorized as highly practical; (3) the average percentage of effectiveness based on shifting understanding of student conceptions from misconceptions to knowing the concepts is 84,92% and categorized as highly effective.