Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Berbasis Kontekstual pada Materi Keselamatan Kerja
Development of Contextually Based Flipbook Learning Media on Work Safety Material
Inovasi media pembelajaran perlu dilakukan untuk menarik minat belajar siswa, salah satunya dengan cara memanfaatkan kemajuan teknologi. Pengembangan media pembelajaran dapat berupa flipbook yang menggabungkan antara visual serta audio sehingga dapat membuat pembelajaran lebih menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon peserta diidk terhadap media pembelajaran flipbook yang dikembangkan. Metode penelitian ini menggunakan R&D dengan model pengembangan ADDIE, proses yang digunakan melalui empat tahap yaitu analysis, design, development, dan implementation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi serta media dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan persentase kelayakan valdasi oleh ahli materi sebesar 90% dan validasi ahli media sebesar 93% dengan kriteria sangat layak. Respon peserta didik diperoleh nilai rerata sebesar 94% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Dengan demikian, media pembelajaran flipbook berbasis kontekstual pada materi keselamatan kerja yang telah dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran.
Learning media innovation needs to be carried out to attractlearnin students interest in learning, one of which is by taking advantage of technological advances. Learning media development can be in the form of a flipbook that combines visuals and audio so that it can make learning more interesting. This research aims to determine the feasibility and response of students to the flipbook learning media developed. This research method uses R&D with the ADDIE development model, the process used goes through four stages, namely analysis, design, development and implementation. The data collection instruments used were material expert validation sheets as well as media and student response questionnaires. The results of this research show that the percentage of feasibility for validation by material experts is 90% and validation by media experts is 93% with the criteria very feasible. The students responses obtained an average score of 94% which was included in the very good category. Thus, the contextually based flipbook learning media on work safety material that has been developed is suitable for use for learning