APPLICATION OF PLAYING METHODS IN PHYSICAL EDUCATION, SPORTS & HEALTH LEARNNG TOWARDS IMPROVING STUDENTS’ PHYSICAL FITNESS AND LEARNING MOTIVATION
PENERAPAN METODE BERMAIN PADA PEMBELAJARAN PJOK TERHADAP PENINGKATAN KEBUGARAN JASMANI DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK
Nama
:
Irene Herana
NIM
20060464103
Program Studi
S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Fakultas
Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Nama Lembaga
Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing
Dr. Sapto Wibowo, S.Pd., M.Pd.
Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan merupakan bentuk dari pendidikan yang mendorong peserta didik untuk beraktivitas secara aktif melalui metode pembelajarann yang menyenangkan dan interaktif guna mencapai tujuan meningkatkan kebugaran jasmani dan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode bermain memiliki pengaruh untuk meningkatkan kebugaran jasmani dan motivasi belajar peserta didik ketika diterapkan pada pembelajaran PJOK. Pelaksanaan penelitian ini bertempat di SMK Negeri 2 Surabaya, Jl. Tentara Genie Pelajar No.26, Kelurahan Petemon, Kecamatan Sawahan, Kota Surabya, Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan proses pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes dan pengukuran untuk mengetahui tingkat kebugaran pada saat pretest dan posttest serta angket untuk mengidentifikasi respon peserta didik terhadap peningkatan motivasi pada pretest dan posttest setelah diterapkannya metode bermain. Hasil tes kemudian dianalisis menggunakan uji Deskriptif, uji T (paired sample t-test dan independent sample t-test). Berdasarkan hasil analisis tersebut mendapatkan hasil penelitian peningkatan kebugaran jasmani pada kelompok eksperimen (Pre-Post) menghasilkan Asymp Sig. (0.001<0.05) sehingga disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari pemberian perlakuan. Sedangkan pada motivasi belajar pada kelompok eksperimen (Pre-Post) menghasilkan Asymp Sig. (0.000<0.05) sehingga disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari pemberian perlakuan. Besar pengaruh penerapan metode bermain pada pembelajaran PJOK terhadap peningkatan kebugaran jasmani peserta didik dihasilkan peningkatan sebesar 37,09%, serta pada motivasi belajar memperoleh peningkatan sebesar 9,86%.
Kata Kunci: Metode Bermain, Kebugaran Jasmani, Motivasi Belajar.
Name
Study Program
Bachelor’s Degree in Physical Education, Health, and Recreation
Faculty
Faculty of Sport and Health Sciences
Name of Institution
State University of Surabaya
Supervisor
Physical education, sports, and health are forms of education that encourage students to be actively involved through fun and interactive learning methods in order to achieve the goal of improving physical fitness and student learning motivation. This study aims to determine whether the play method has an effect on improving physical fitness and student learning motivation when applied to PJOK learning. The implementation of this research took place at SMK Negeri 2 Surabaya, Jl. Tentara Genie Pelajar No.26, Petemon Village, Sawahan District, Surabaya City, East Java. This study uses a quantitative approach. While the data collection process is carried out using tests and measurements to determine the level of fitness during the pretest and posttest and questionnaires to identify student responses to increased motivation in the pretest and posttest after the implementation of the play method. The test results were then analyzed using Descriptive tests, T tests (paired sample t-test and independent sample t-test). Based on the results of the analysis, the results of the study on increasing physical fitness in the experimental group (Pre-Post) produced Asymp Sig. (0.001<0.05) so it is concluded that Ha is accepted and Ho is rejected which means there is a significant influence from the provision of treatment. While the learning motivation in the experimental group (Pre-Post) produces Asymp Sig. (0.000<0.05) so it is concluded that Ha is accepted and Ho is rejected which means there is a significant influence from the provision of treatment. The large influence of the application of the play method in PJOK learning on improving students' physical fitness resulted in an increase of 37.09%, and the learning motivation obtained an increase of 9.86%.
Keywords: Playing method, Physical fitness, Motivation.