PENGGUNAAN KOMIK LINE WEBTOON UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA SISWA
THE USE OF LINE WEBTOON COMIC STRIPS TO UPGRADE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY
Kosakata merupakan kunci perubahan bahasa peserta didik dalam belajar sebagai bahasa asing termasuk bahasa Inggris. Namun, siswa di Indonesia masih memiliki masalah dalam membangun kosa kata, terutama untuk menghafal arti kata-kata baru. Fakta ini menyiratkan bahwa mereka membutuhkan cara yang efektif untuk belajar kosa kata. Akan lebih bermanfaat untuk menggunakan teknik pengajaran kosa kata yang efektif untuk membantu siswa dalam meningkatkan penguasaan kosa kata mereka. Penggunaan media yang relevan dalam pengajaran kosakata juga akan meningkatkan motivasi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bagaimana komik Line Webtoon dapat digunakan untuk mengajarkan kosakata, penguasaan kosakata siswa, dan tanggapan siswa terhadap penggunaan komik Webtoon. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas sembilan dan guru bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi selama pembelajaran online di Google Classroom, tugas siswa dan proses wawancara. Berdasarkan data tersebut, proses penggunaan Line Webtoon untuk siswa kelas sembilan berhasil meningkatkan penguasaan kosakata dan motivasi siswa untuk membaca komik online. Hal ini juga menunjukkan bahwa siswa tertarik untuk membaca karena Webtoon terdiri dari banyak gambar dan mereka bisa mendapatkan banyak kata baru dengan menggunakan media online.
Kata kunci: penguasaan kosakata, media, komik line webtoon
Vocabulary is the key for the learners’ language change in learning as a foreign language including English. However, Indonesian students still have problems in vocabulary building, particularly to memorize meaning of new words. This fact implies that they need effective ways to learn vocabulary. It would be more beneficial to use an effective vocabulary teaching technique to help the students in upgrading their vocabulary mastery. The use of relevant media in teaching vocabulary will also boost student’s motivation. The aim of this study was to reveal how Line Webtoon comic can be used to teach vocabulary, the student’s vocabulary mastery, and the student’s responses toward the use of Webtoon comic. The participants in this study were ninth-grade students and their English teacher. This research applied qualitative design. The data was gathered through observation during online learning in Google Classroom, student’s task and the interview process. Based on the data, the process of using Line Webtoon for ninth graders was successfully upgraded the students’ vocabulary mastery and motivation to read through online comic. It also showed that the students were interested to read because Webtoon consisted of many pictures and they were able to get many new words by using online media.
Keywords: vocabulary mastery, media, line webtoon comic strips