Peran Tutor Dalam Pembelajaran Program Pendidikan Kesetaraan Paket C Di SKB Sidoarjo
The Role Of Tutors In Learning The Package C Equivalency Education Program At SKB Sidoarjo
Tutor memiliki beberapa peran yang penting dalam pembelajaran terutama pada program pendidikan kesetaraan paket C di SKB Sidoarjo. Tutor memiliki delapan peran yaitu sebagai informator, organisator, pembimbing, inisiator, motivator, mediator, fasilitator, dan evaluator. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran tutor dalam pembelajaran pada mata pelajaran UNPK program pendidikan kesetaraan paket C di SKB Sidoarjo dan mendiskripsikan serta menganalisis faktor pendukung dan penghambat tutor dalam mengajar program kesetaraan paket C di SKB Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini mendiskripsikan tentang fenomena yang ditemukan oleh peneliti. Peneliti berusaha untuk menggambarkan kondisi yang ditemukan peneliti dengan rinci dan mendalam. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti penggunakan teknik analisis tiga tahap yaitu tahap koleksi data, kondensasi data, dan penyajian data.
Hasil dari penelitian ini adalah tutor SKB Sidoarjo berperan sebagai informator yaitu tutor memberikan materi berasal dari berbagai sumber dengan tujuan agar peserta didik mendapatkan informasi sesuai dengan perkembangan informasi. Peran sebagai organisator yaitu tutor SKB Sidoarjo mengelola kegiatan akademik seperti membuat RPP (Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran). Peran sebagai pembimbing yaitu tutor SKB Sidoarjo membantu peserta didik yang kesulitan memahami materi dengan cara menjadi pengarah dan pembimbing. Peran sebagai inisiator yaitu tutor SKB Sidoarjo memiliki ide-ide dalam pembelajaran namun untuk penerapan ide tersebut belum terlaksana. Peran sebagai motivator yaitu tutor SKB Sidoarjo memberikan dorongan berupa motivasi dan nasehat nasehat penyemangat. Peran tutor SKB Sidoarjo sebagai mediator adalah tutor bertindak sebagai penengah jika terjadi perbedaan saat pembelajaran atau berdiskusi. Peran tutor sebagai fasilitator di SKB sedoarjo adalah dengan menyiapkan video pembelajaran. Peran tutor sebagai evaluator adalah tutor melakukan penilaian terhadap kemampuan peserta didik. Peneliti menemukan faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran program paket C. Faktor pendukung berupa modul dan sarana serta prasarana yang disediakan oleh lembaga sedangkan faktor penghambatnya adalah kesibukan peserta didik.
Kata kunci : Peran tutor, pendidikan kesetaraan paket C
Tutors have several important roles in learning, especially in the package C equivalency education programme at SKB Sidoarjo. Tutors have eight roles, namely as informer, organizer, mentor, initiator, motivator, mediator, facilitator, and evaluator. The purpose of this study is to analyze the role of tutors in learning in UNPK subjects in the package C equivalency education programme at SKB Sidoarjo and to describe and analyze the supporting and inhibiting factors of tutors in teaching the package C equivalency program at SKB Sidoarjo.
This research uses qualitative research methods. This research describes the phenomena found by researcher. Researcher tried to describe the conditions found by researcher in detail and in depth. Researcher used data collection techniques in the form of interviews, observation, and documentation. Researcher used a three-stage analysis technique, namely the data collection stage, data condensation, and data presentation.
The result of this research is the tutor of SKB Sidoarjo acts as an informer, namely the tutor provides material from various sources with the aim that students get information in accordance with the development of information. The role as an organizer is that the SKB Sidoarjo tutor manages academic activities such as making lesson plans (Learning Implementation Draft). The role as a mentor is that the SKB Sidoarjo tutor helps students who have difficulty understanding the material by becoming a guide and mentor. The role as initiator is that the SKB Sidoarjo tutor has ideas in learning but the implementation of these ideas has not been carried out. The role as a motivator is that the SKB Sidoarjo tutor provides encouragement in the form of motivation and encouraging advice. The Sidoarjo SKB tutor's role as a mediator is that the tutor acts as a mediator if there are differences during learning or discussion. The tutor's role as a facilitator at SKB Sedoarjo is to prepare learning videos. The tutor's role as an evaluator is the tutor assesses the ability of students. Researchers found supporting and inhibiting factors in learning package C programme. Supporting factors are modules and facilities and infrastructure provided by the institution while the inhibiting factor is the busyness of students.
Keywords: The role of tutors, package C equivalency education