Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk permainan scrabble modifikasi yang layak dan efektif digunakan sebagai pembelajaran mengenal kata pada anak usia 5-6 tahun (kelompok B). Mengenal kata merupakan bagian dari penguasaan bahasa, tingkat pencapaian mengungkapkan bahasa yang sangat penting dikembangkan karena penguasaan kata dapat memperluas wawasannya tentang berbagai macam hal baru. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research & development) yang mengadaptasi dari langkah-langkah penelitian pengembangan Borg & Gall. Subjek uji coba penelitian adalah anak kelompok B TK DWP Sedapur Klagen, TK DWP Bengkelo Lor dengan, TK M NU 124 Al Ikhsan, TK DWP Delik Sumber dengan, TK DWP Kedungrukem, dan TK M NU 139 Darul Hikmah. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil uji coba lapangan menyatakan bahwa permainan scrabble modifikasi sudah layak digunakan dan mendapatkan kategori tinggi berjumlah 0.89. sehingga dapat disimpulkan bahwa permainan scrabble modifikasi sangat layak dan efektif digunakan untuk mengenalkan kata pada anak usia 5-6 tahun.
Kata kunci : mengenal kata, permainan scrabble modifikasi
This study aims to develop and produce a decent game of scrabble modification to learning word recognize in children aged 5-6 years (Group B). Word recognition is part of language acquisition because the mastery of the word can broaden his horizons about various things new.This type of research is research & development and adapted from the development research Borg & Gall. Steps in this study there are 9 stages. Design test used is the Single One Shot Case Study and one group pretest posttest design. Subject trials were children in group B at Kindergarten DWP Sedapur Klagen, at Kindergarten DWP Bengkelo Lor, at Kindergarten Muslimat NU 124 Al Ikhsan, at Kindergarten DWP Delik Sumber, Kindergarten DWP Kedungrukem, and Kindergarten Muslimat NU 139 Darul Hikmah. Instrument collecting data using product prototype design, learning planning, observation sheet, validation sheet, interview, and documentation. Data analysis using quantitative descriptive.The result of this research & development are prototyp design of a scrabble modification game to to learning word recognize in children aged 5-6 years (Group B). The results of the initial field trials stated that the scrabble modification game already fit for use with category is 0.89. It can be concluded that the scrabble modification game are very decent and effectively used to introduce word recognize in children aged 5-6 years (Group B).
Keywords: introduction of word recognize, scrabble modification game