Kemampuan berpikir kreatif dan penguasaan konsep memiliki hubungan yang positif terhadap kemampuan memecahkan masalah. Kemampuan siswa dalam membuat soal memiliki hubungan yang positif dengan kemampuan memecahkan masalah. Dalam penelitian ini, materi yang digunakan yaitu materi segitiga dan segiempat karena materi tersebut dapat digunakan untuk mengidentifikasi kemampuan berpikir kreatif, penguasaan konsep, dan kemampuan siswa dalam membuat soal matematika serta materi segitiga dan segiempat dapat ditemukan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana hubungan kemampuan berpikir kreatif dan penguasaan konsep, hubungan kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan membuat soal matematika, hubungan penguasaan konsep dan kemampuan membuat soal matematika, dan hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dan penguasaan konsep dengan kemampuan siswa membuat soal matematika.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif deskriptif dengan analisis regresi berganda. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMPN 2 Jombang, dan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-A, VIII-B, dan VIII-C SMPN 2 Jombang. Jumlah subjek yang diteliti yaitu 88 siswa. Data dikumpulkan menggunakan metode tes untuk memperoleh data kuantitatif tentang kemampuan berpikir kreatif, penguasaan konsep, dan kemampuan siswa membuat soal matematika.
Berdasarkan hasil perhitungan statistik menggunakan aplikasi SPSS-22 diperoleh nilai sig (2-tailed) hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dan penguasaan konsep yaitu 0,003. Sehingga nilai sig (2-tailed) < 0,025, berdasarkan pedoman pengambilan keputusan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dan penguasaan konsep. Setelah dilakukan perhitungan statistik untuk mencari hubungan kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan membuat soal matematika, diperoleh nilai sig (2-tailed) adalah 0,557. Sehingga nilai sig (2-tailed) > 0,025, berdasarkan pedoman pengambilan keputusan diperoleh kesimpulan bahwa tidak ada hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan membuat soal matematika. Berdasarkan hasil perhitungan statistik diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,508 pada hubungan antara penguasaan konsep dengan kemampuan membuat soal matematika, sehingga nilai sig (2-tailed) > 0,025. Berdasarkan pedoman pengambilan keputusan diperoleh bahwa tidak terdapat hubungan antara penguasaan konsep dan kemampuan membuat soal matematika. Untuk mencari hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dan penguasaan konsep dengan kemampuan membuat soal matematika dengan uji regresi berganda diperoleh nilai sig Fchange yaitu 0,742. Nilai α yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 0,05. Sehingga nilai sig Fchange > α, berdasarkan pedoman pengambilan keputusan jika nilai sig Fchange > α maka Ho diterima yaitu tidak ada hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dan penguasaan konsep terhadap kemampuan siswa dalam membuat soal matematika.
Creative thinking and mastery concept have positive correlation with problem solving skill. Student’s skill to make questions has positive correlation with problem solving skill. Triangle and rectangle are topic that was used in this study. It was used in this study because it had been learned by the students while in previous level. The aim of this study was to find how the correlation between creative thinking and mastery concept, how the correlation between creative thinking and student’s skill to make mathematic questions, how the correlation between mastery concept and student’s skill to make mathematic question, and how the correlation between creative thinking and mastery concept with student’s skill to make mathematic questions.
The method was used in this study is descriptive quantitative method with Pearson Product Moment correlation analysis. Population in this study was 8th grade students of SMPN 2 Jombang and the sample was students of VIII-A, VIII-B, and VIII-C in SMPN 2 Jombang. Total subjects was studied were 88 students. Data was collected by using test method to get quantitative data about creative thinking, mastery concept, and student’s skill to make mathematic questions.
Based on the calculation to find the correlation between creative thinking and mastery concept, it was obtained that sig (2-tailed) is 0,003. So we can make conclusion that there is correlation between creative thinking and mastery concept. And then, we got result that sig (2-tailed) value from correlation test to find the correlation between creative thinking and student’s skill to make mathematic question is 0,557. So that we can conclude that there is no correlation between creative thinking and student’s skill to make mathematic questions. Based on the calculation to find correlation between mastery concept and student’s skill to make mathematic questions, it was obtained that sig (2-tailed) value is 0,508. From that, we can make conclusion that there is not correlation between mastery concept and student’s skill to make mathematic questions. Based on the calculation result to find correlation with multiple regression correlation test was obtained sig value 0,742. α value was used in this study was 0,05. So that obtained that sig value > α, based on directions to make decisions, if sig value > α so Ho was accepted. It means that between creative thinking and mastery concept there were no correlation with student’s skill to make mathematic questions.