STRATEGI AKOMODASI KOMUNIKASI DALAM INTERAKSI GURU-SISWA DI KELAS BAHASA INGGRIS TINGKAT MENENGAH
COMMUNICATION ACCOMMODATION STRATEGIES IN TEACHER-STUDENT INTERACTION AT SECONDARY ELT CLASS
Nabila, Almas Rizkika. 2020. Strategi Akomodasi Komunikasi dalam Interaksi Guru-Siswa di Kelas Bahasa Inggris Tingkat Menengah. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra, program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Ahmad Munir, Ph.D., dan (II) Syafi’ul Anam, Ph.D.
Kata kunci: Strategi akomodasi komunikasi, konvergensi, divergensi, motif, persepsi
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi akomodasi komunikasi dalam interaksi guru dan siswa, untuk mengetahui motif atau alasan mengapa guru menggunakan strategi tersebut di dalam kelas daring, dan mengungkap persepsi siswa tentang strategi yang digunakan oleh guru di kelas bahasa Inggris tingkat menengah.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang meneliti fenomena interaksi yang dilakukan oleh guru dalam situasi kelas daring. Data yang digunakan adalah ucapan dari guru sekaligus partisipan dalam proses belajar dan mengajar. Selain itu, 22 siswa tingkat SMA menjadi partisipan lain dalam penelitian untuk menyampaikan persepsi mereka tentang strategi akomodasi yang digunakan oleh guru di kelas. Metode observasi, wawancara dan kuesioner terbuka dilakukan untuk mengumpulkan data selama tiga bulan dari bulan April sampai Juni 2020.
Temuan dari penelitian ini yaitu (1) strategi akomodasi komunikasi berupa konvergensi dan divergensi digunakan oleh guru didalam interaksi kelas bahasa Inggris. Guru melakukan 12 dari 13 fitur strategi konvergensi dan 5 dari 7 fitur strategi divergensi untuk mengakomodasi siswa dalam interaksi kelas daring, (2) ada sekurangnya 7 alasan guru ketika menggunakan strategi tersebut dalam interaksi guru dan siswa meliputi 4 motif afektif dan 3 motif kognitif, (3) siswa memiliki persepsi yang lebih positif daripada persepsi negatif ketika guru melakukan strategi akomodasi komunikasi di kelas daring.
Sebagai kesimpulan, penggunaan strategi akomodasi komunikasi oleh guru dalam interaksi kelas bahasa Inggris secara daring telah berhasil diterapkan. Hal tersebut dibuktikan bahwa siswa lebih banyak memiliki persepsi positif daripada persepsi negatif dalam interaksi kelas bahasa Inggris.
Nabila, Almas Rizkika. 2020. Communication Accommodation Strategies in Teacher-student Interaction at Secondary ELT Class. Unpublished thesis, the Degree of Magister in the Education of Language and Literature, Post Graduate Program of State University of Surabaya. First advisor: (I) Ahmad Munir, Ph.D., and second advisor (II) Syafi’ul Anam, Ph.D.
Keywords: communication accommodation strategies, convergence, divergence, motives, perception
This research aims to describe the communication accommodation strategies in teacher-student interaction, to know the motives why teacher used those strategies in teacher-student interaction, and reveal the perception from students regarding the strategies used by teacher in ELT class.
This research is a qualitative study. It investigated the phenomena of interaction done by teachers in the online class situation. The data were utterances of English teacher as the research participant during the teaching and learning process. Besides, 22 students from senior high school level became the other participants to deliver their perception toward the strategies used by teacher in the online class. Observation, interview, and open-ended questionnaire were conducted to collect the data for this study throughout three months from April to June 2020.
The findings of the study are (1) the communication accommodation strategies of convergence and divergence are used by teacher in ELT interaction. Teacher performs 12 out of 13 features of convergence strategies and 5 out of 7 features of divergence strategies to accommodate students in ELT online class, (2) there are at least 7 reasons why teacher used those strategies in teacher-student interaction including 4 affective motives and 3 cognitive motives, (3) students achieved a more positive perception rather than a negative perception when teacher performed communication accommodation strategies in ELT online class.
In conclusion, the use of communication accommodation strategies in teacher-student interaction has successfully been implemented by teacher in ELT online class. It is proved that students have more a positive perception rather than a negative perception in ELT interaction.