Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi jargon file dan manajemen kesan yang dilakukan oleh mahasiswa Unesa sebagai pengguna Instagram pada akun komunitas Unesa dalam menunjukan eksistensi diri. Penelitian ini menggunakan metode Online Research Method(ORMs) berjenis kualitatif Online/Web 2.0 dari M. Jacky dengan prespektif teori manajemen kesan Erving Goffman. Subjek dalam penelitian ini adalah akun Instagram mahasiswa Unesa yang masuk dalam akun komunitas Unesa dengan kriteria yang telah ditentukan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh dari internet dengan mengamati secara online. Analisis dilakukan dengan analisis hacking dan di kaji dengan teori manajemen kesan Erving Goffman. Hasil dari penelitian ini adalah unsur setting, penampilan dan juga gaya (manner) menjadi sebuah kekuatan untuk melakukan manajemen kesan. identifikasi Manajemen kesan dalam penelitian ini adalah kesan smart people, kesan kekinian, kesan islmai, dan kesan sebagai seorang fotografer, Sedangkan fitur-fitur dalam Instagram dimanfaatkan untuk memperoleh dan menunjukan eksistensi diri.
Kata kunci : Mahasiswa, Manajemen kesan, Eksistensi diri
This research was conducted to identify file jargon and impression management carried out by Unesa students as Instagram users on Unesa community accounts to show their existence. This study uses the Online Research Method (ORMs) method of qualitative Online / Web 2.0 type from M. Jacky with the perspective of management theory, Erving Goffman's impression. The subject in this study is the Unesa student Instagram account that is included in the Unesa community account with predetermined criteria. The data collected in this study was obtained from the internet by observing it online. The analysis was carried out by hacking analysis and examined by the management theory of the impression of Erving Goffman. The results of this research are elements of setting, appearance and manner into a force for impression management. The identification of impression management in this study is the smart people impression, current impression, islamic impression and the impression as a photographer. While the features in Instagram are used to get and show self-existence.
Keywords: Students, Impression Management, Self Existence