Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai (1) proses pengembangan media Kotak Ajaib untuk pembelajaran menulis teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII SMP, dan (2) kualitas media Kotak Ajaib untuk pembelajaran menulis teks eksplanasi berdasarkan aspek-aspek kualitas, yaitu kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan media Kotak Ajaib untuk pembelajaran menulis teks. Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian pengembangan menurut Sadiman untuk mengembangkan dan memvalidasi produk yang digunakan dalam pembelajaran Subjek uji coba dalam penelitian dan pengembangan ini adalah peserta didik kelas VIII-I SMP Negeri 17 Surabaya. Hasil penelitian pada tahap pengembangan, telah dilakukan validasi, uji coba, dan revisi draf media Kotak Ajaib. Hasil penelitian pengembangan media Kotak Ajaib menunjukkan bahwa kualitas media Kotak Ajaib untuk pembelajaran menulis teks eksplanasi bagi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 17 Surabaya “sangat berkualitas” digunakan, dengan persentase 90%. Pada aspek kevalidan, media Kotak Ajaib divalidasi berdasarkan dua hal yaitu materi dengan persentase 90% kualitas “sangat layak”. dan desain media pembelajaran dengan persentase 90,8%, memiliki kualitas “sangat layak”. Dapat disimpulkan jumlah akhir kualitas kevalidan media Kotak Ajaib yaitu “sangat layak” dengan persentase 90%. Pada aspek keefektifan media, media Kotak Ajaib dinilai berdasarkan hasil pengamatan aktivitas pendidik dengan persentase 87,7% dengan kualitas “sangat baik”, pengamatan aktivitas peserta didik dengan persentase 89% dengan kualitas “sangat baik”, dan hasil belajar peserta didik memiliki nilai presesntase 90% dengan kualitas “sangat baik”. Dapat disimpulkan jumlah akhir kualitas keefektifan media Kotak Ajaib tersebut “sangat efektif” dengan persentase 88,9%. Pada aspek kepraktisan, media Kotak Ajaib dinilai berdasarkan penyebaran angket respons peserta didik yang menunjukkan presesntase dengan persentase 92,5%, dengan kualitas “sangat praktis”
Kata Kunci: Pengembangan, Media Kotak Ajaib, dan peserta didik kelas VIII SMP.
Abstract
This research is to describe (1) the process of developing the Magic Box media for learning to write explanatory texts in grade VIII students, and (2) the quality of the Magic Box media for learning to write explanatory texts based on quality aspects, namely validity, effectiveness, and the practicality of the Magic Box media for learning to write texts. The research method used is a development research model according to Sadiman to develop and validate the products used in learning. The subjects in this research and development are students of class VIII-I of SMP Negeri 17 Surabaya. The results of the research at the development stage have been validated, tested, and revised the Magic Box media draft. The results of the Magic Box media development research showed that the quality of the Magic Box media for learning to write explanatory texts for grade VIII students of SMP Negeri 17 Surabaya "very high quality" was used, with a percentage of 90%. In the validity aspect, the Magic Box media is validated based on two things, namely material with a percentage of 90% of "very decent" quality, and learning media design with a percentage of 90.8%, having a "very decent" quality. It can be concluded that the final number of validity qualities of the Magic Box media is "very decent" with a percentage of 90%. In the aspect of the effectiveness of the media, the Magic Box media is assessed based on observations of the activities of educators with a percentage of 87.7% with "very good" quality, observations of the activities of students with a percentage of 89% with "very good" quality, and student learning outcomes have a presesntase value 90% with "very good" quality. It can be concluded that the final quality of the Magic Box media is "very effective" with a percentage of 88.9%. In terms of practicality, the Magic Box media was assessed based on the distribution of students' responses questionnaires which showed a percentage of 92.5%, with a quality of "very practical"
Keywords: Development, Magic Box Media, and VIII grade students in junior high school.