PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN TARI DI SMAN 1 KOTA KEDIRI
CHARACTER EDUCATION THROUGH DANCE LEARNING AT SMAN 1 KEDIRI CITY
Pembelajaran seni tari di SMAN 1 Kediri ada sejak tahun 2012 hingga sekarang terus berinovasi mengembangkan pembelajaran seni budaya dengan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk (1)Mendeskripsikan pelaksanaan Pendidikan Karakter pada pembelajaran seni tari, (2) Mendeskripsikan nilai karakter yang ada dalam proses pembelajaran seni tari, (3) Mendeskripsikan hasil pembelajaran nilai karakter melalui seni tari di SMAN 1 Kediri. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data dlakukan dengan observasi (pengamatan),interview (wawancara) dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Pelaksanaan pendikan nilai-nilai karakter melalui seni tari di SMAN 1 Kediri dengan discovery learning . Adapun nilai nilai karakter yang ada dalam proses pembelajaran di SMAN 1 Kediri seperti ditanamkan budaya moral spritual, bersih dan rapi, cintai tanah air, setia kawan, dapat bekerja sama maupun mandiri dan meningkatkan mutu atau kualitas kerja yang kreatif dan produktif. Hasil dari pembelajaran nilai karakter dalam pembelajaran seni di SMAN 1 Kediri ini dapat dibuktikan oleh perubahan tingkah laku siswa setelah selesai melaksanakan proses pembelajaran seni tari seperti siswa dapat menerapkan nilai karakter gotong royong , bertakwa , dan bernalar kritis disaat proses pembelajaran tari. Siswa juga terlatih lebih kreatif, percaya diri dan cinta tanah air dalam mempresentasikan hasil kerja proyek mereka.
Dance learning at SMAN 1 Kediri has existed since 2012 until now continues to innovate to develop cultural arts learning interestingly. This study aims to (1) Describe the implementation of Character Education in dance learning, (2) Describe the character values that exist in the dance learning process, (3) Describe the results of learning character values through dance at SMAN 1 Kediri. The method in this study uses a qualitative method approach, with data collection techniques carried out by observation (observation), interview (interview) and documentation. Data analysis in this study is data reduction, data presentation, and conclusion making. The validity test in this study used source triangulation and triangulation techniques. The implementation of character values education through dance at SMAN 1 Kediri with discovery learning. The character values that exist in the learning process at SMAN 1 Kediri such as instilling a spiritual moral culture, clean and neat, loving the country, loyal friends, being able to work together or independently and improving the quality or quality of creative and productive work. The results of learning character values in art learning at SMAN 1 Kediri can be proven by changes in student behavior after completing the dance learning process such as students can apply the character values of mutual cooperation, piety, and critical reasoning during the dance learning process. Students are also trained to be more creative, confident and love their homeland in presenting the results of their project work.