ABSTRAK
EFEKTIVITAS MODEL
PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP
HASIL BELAJAR OTK HUMAS DAN KEPROTOKOLAN MATERI P ERSIAPAN PENYELENGGARAAN PERTEMUAN/RAPAT SISWA KELAS XI
OTKP DI SMKN 1 JOMBANG
Nama : Yuanida
Ellen Tamaya
Nim :
15080314034
Program Studi : S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Jurusan : Pendidikan Ekonomi
Fakultas : Ekonomi
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Triesninda Pahlevi, S. Pd., M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran Talking
Stick terhadap hasil belajar siswa kelas XI OTKP di SMK
Negeri 1 Jombang pada mata pelajaran OTK Humas dan keprotokolan materi Persiapan Penyelenggaraan
Pertemuan/rapat . Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Jombang
tahun ajaran 2018/2019.
Jenis penelitian
ini menggunakan desain penelitian eksperimen kuasi (quasi experimental design ) dengan bentuk nonequivalent control groub design. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh kelas XI OTKP 1 dan XI OTKP 2, dimana kelas XI OTKP 1 sebagai kelas
eksperimen dan kelas XI OTKP 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang
digunakan yang digunakan adalah lembar wawancara dan lembar soal. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, dokumentasi, dan wawancara.
Teknik analisis data menggunakan uji homogenitas, uji normalitas, uji gain score dan uji t(hipotesis).
Hasil penelitian
ini menunjukan bahwa ketuntasan belajar siswa pada kelas eksperimen dinyatakan tuntas
100% secara klasikal, sedangkan pada kelas kontrol dinyatakan tuntas 80% secara
klasikal. Nilai rata-rata pretest
kelas eksperimen adalah sebesar 69,67, sedangkan pada kelas kontrol sebesar
71,5. Nilai rata-rata posttest kelas
eksperimen adalah sebesar 87,11, sedangkan pada kelas kontrol adalah sebesar
82,75.
Berdasarkan hasil
analisis uji-t nilai posttest, diperoleh nilai thitung sebesar 3.428 dengan taraf signifika si sebesar 001 (0,001).
Sedangkan nilai ttabel sebesar
1,997 . Sehingga dapat disimpulkan
bahwa H0 ditolak dan Ha diterima
karena t-test < 0,05 dan thitung >
ttabel yaitu 3.428 > 1,997 . Sedangkan Hasil analisis
selisih antara nilai pretest dan
nilai posttes dengan thitung 3,688
dengan taraf signifikansi ,000. Sedangkan nilai ttabel sebesar 1,997 dengan taraf signifikan
0,05. Sehingga disimpulkan bahwa , H0
ditolak dan Ha diterima itu disebabkan t-test < 0,05 yakni
,000 < 0.05 dan thitung (3,688) > ttabel (1,997). Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat
pengaruh model pembelajaran Talking Stick
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran OTK Humas dan Keprotokolan
kelas XI OTKP di SMK Negeri 1 Jombang, dimana hasil belajar siswa yang
menggunakan model pembelajaran Talking
Stick lebih tinggi dari pada hasil belajar kelas kontrol.
Kata
Kunci : Model Pembelajaran Talking Stick ,
Hasil Belajar.