ABSTRAK
Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi mampu mengubah gaya hidup masyarakat dalam bidang transportasi, komunikasi elektronik, dan pembayaran elektronik. Peningkatan popularitas perdagangan secara online (e-commerce) membuka peluang layanan keuangan berbasis teknologi (fintech). Saat ini layanan perbankan sedang bergeser ke layanan digital, dengan banyaknya penyedia uang elektronik di Indonesia. Semakin banyak bermunculan berbagai penyedia uang elektronik, maka perusahaan e-payment harus mampu menyiapkan strategi dalam memasarkan produk agar tetap mampu bersaing. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan membahas pengaruh promosi penjualan dan e-service quality terhadap keputusan penggunaan Aplikasi OVO.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode jugmental sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 200 orang. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah melakukan transaksi di restoran/cafe merchantnya OVO, dengan minimal 2 kali transaksi dalam 1 bulan terakhir dan usia 20-39 tahun. Skala pengukuran menggunakan skala likert. Alat ukur yang digunakan adalah angket online. Analisis data dengan menggunakan model persamaan regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi penjualan berpengaruh positif terhadap keputusan penggunaan, dan E-Service Quality berpengaruh positif terhadap keputusan penggunaan.
Kata Kunci: Promosi Penjualan, E-Service Quality, Keputusan Penggunaan
ABSTRAC
Progress in information and communication technology can change people's lifestyles in the fields of transportation, electronic communication, and electronic payments. Enhancement popularity of online commerce (e-commerce) opens opportunities for technology-based financial services (fintech). Currently banking services are shifting to digital services, with many electronic money providers in Indonesia. More and more popping up electronic money providers, the e-payment company must be able to prepare a strategy in marketing the product in order to remain competitive. The purpose of this study is to analyze and discuss the effect of sales promotions and e-service quality on the decision to use the OVO Application.
The sampling technique used is non probability sampling with the jugmental sampling method. The sample used was 200 people. Respondents in this study are consumers who have made transactions at restaurant / cafe OVO merchants, with a minimum of 2 transactions in the last 1 month and ages 20-39 years. The measurement scale uses a Likert scale. The measuring instrument used is an online questionnaire. Data analysis using multiple linear regression equation models.
The results showed that sales promotion had a positive effect on usage decisions, and E-Service Quality had a positive effect on usage decisions.
Keywords: Sales Promotion, E-Service Quality, The Decisions of Using