REPRODUKSI NILAI-NILAI AGAMA DI SD NEGERI PLOSO
REPRODUCTION OF RELIGIOUS VALUES IN
SD NEGERI PLOSO
Pendidikan merupakan hal yang mendasar bagi generasi penerus. Pendidikan menjadi sarana reproduksi nilai-nilai agama. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kondisi siswa SD Negeri Ploso Jombang; memaparkan habitus siswa SD Negeri Ploso Jombang; memaparkan modal yang dimiliki oleh siswa SD Negeri Ploso Jombang dalam pertarungan suatu ranah; menjelaskan ranah reproduksi nilai-nilai agama antara tenaga kependidikan dan siswa SD Negeri Ploso Jombang; memaparkan praktik dominasi serta praktik perlawanan siswa SD Negeri Ploso Jombang; mengungkap reproduksi nilai-nilai agama Kristen di SD Negeri Ploso Jombang. Metode yang digunakan kualitatif dengan pendekatan strukturalisme generatif perspektif Pierre Bourdieu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SD Negeri Ploso berada pada kelas ekonomi menengah ke bawah. Guru menempati kelas dominan sedangkan siswa menempati kelas populer. Siswa tidak mampu memberikan perlawanan berarti kepada guru karena jumlah modal yang kecil. Pada ranah pertarungan anatara guru dan siswa SD Negeri Ploso terjadi reproduksi nilai kesempurnaan moral yang selanjutnya dianggap sebagai hal alami dalam diri siswa sebagai produk habitus.
Kata kunci : reproduksi, habitus, modal
Education is fundamental for the next generation. Education is a means of religious values. This study aims to identify the condition of students of SD Negeri Ploso Jombang; describes the habits of students of SD Negeri Ploso Jombang; describing the capital owned by SD Negeri Ploso Jombang students in the battle for a realm; explaining the realm of religious values between education staff and students of SD Negeri Ploso Jombang; describes the practice of domination and the practice of barriers to students of SD Negeri Ploso Jombang; reveals Christian religious values at SD Negeri Ploso Jombang. The method used qualitatively with the approach of generative structuralism perspective Pierre Bourdieu. The results showed that the students of SD Negeri Ploso were in the middle to lower economic class. The dominant class teacher while the popular class class students. Students are unable to provide significant resistance to the teacher because of the small amount of capital. In the competition between teachers and students of SD Negeri Ploso who carried out the value of moral perfection which then became a natural thing in students as a product of habitus.
Keywords: reproduction, habitus, capital