Seiring dengan perkembangan zaman, penggunaan media dalam
pembelajaran semakin bervariasi dengan memanfaatkan kemajuan di bidang teknologi. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Projek Dasar
Kompetensi Kejuruan, pada kelas X
TITL di SMK Negeri 1 Driyorejo, penggunaan media pembelajaran masih kurang memanfaatkan perkembangan tekonologi. Variasi terhadap
media pembelajaran diperlukan untuk meningkatkan semangat
belajar peserta didik terutama untuk menghindari timbulnya
rasa bosan saat proses pembelajaran. Penelitian ini difokuskan pada pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis PBL
untuk meningkatkan hasil belajar
kelas X TITL SMK Negeri 1 Driyorejo.
Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis PBL menggunakan model
pengembangan ADDIE. Subjek penelitian
ini adalah siswa kelas X TITL SMK Negeri 1 Driyorejo.
Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil perolehan nilai rata-rata validasi kelayakan dari aspek modul ajar, aspek materi, aspek
media, aspek angket
respon siswa, instrumen pretest posttest, instrumen psikomotor, dan instrumen afektif
memperoleh rata-rata sebesar
88,36% dengan kriteria sangat valid. Respon siswa terhadap
pengembangan media pembelajaran interaktif
berbasis PBL untuk meningkatkan hasil belajar kelas X TITL SMK Negeri 1 Driyorejo diperoleh rata-rata rating sebesar 93,83% dalam kriteria sangat
efektif. Efektifitas peningkatan hasil belajar siswa
diperoleh nilai gain score sebesar 0,60 pada ranah kognitif
dengan kriteria cukup efektif, pada ranah afektif
memperoleh nilai rata-rata sebesar 87,00 telah melampaui nilai KKM sebesar 75, pada ranah psikomotor 1 memperoleh nilai rata- rata
sebesar 89,17 telah melampau nilai KKM sebesar 75, dan pada ranah psikomotor 2 memperoleh nilai
rata-rata sebesar 88,17 telah melampau nilai KKM sebesar 75.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, pengembangan media pembelajaran
interaktif berbasis PBL untuk meningkatkan hasil belajar kelas X TITL SMK Negeri 1 Driyorejo dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga media pembelajaran articulate storylane layak untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas.
Kata Kunci: Media pembelajaran interaktif, articulate storyline, hasil belajar