EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BUKU HARIAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS GEGURITAN SISWA KELAS IV SDN 1 SAMBIT
Menulis geguritan merupakan salah satu kegiatan menulis yang kurang diminati oleh siswa sekolah dasar. Siswa kurang termotivasi terhadap pembelajaran bahasa Jawa sehingga menyebabkan hasil belajar siswa dalam menulis geguritan tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media buku harian dalam pembelajaran menulis geguritan siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi pembelajaran secara langsung, teknik tes, teknik pengisian kuisioner serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan siswa kelas IV SDN 1 Sambit mampu menyelesaikan tugas dengan efisiensi waktu yang baik dan mengalami peningkatan nilai dalam menulis geguritan dari 74 menjadi 82. Siswa lebih termotivasi mengikuti pembelajaran yang ditunjukkan berdasarkan respons positif sebesar 88% berdasarkan hasil pengisian kuisioner. Data tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media buku harian efektif dalam pembelajaran menulis geguritan siswa kelas IV SDN 1 Sambit.
Writing javanese poetry is one of the activities that less interesting according to elementary students. Generally, the students fell less motivated in Javanese learning thus resulting learning outcomes of students in making a work of writing javanese poetry relatively low. This study aims to determine the effectiveness of the use of diary media in the learning of writing Javanese poetry grade IV elementary school students. This research uses qualitative method with descriptive approach. Data collection in this study using observation techniques or observation of direct learning, test techniques, questionnaire filling techniques and documentation. The results showed that grade 4 students at SDN 1 Sambit were able to complete the task with good time efficiency and improved their score in writing from 74 to 82. Students were more motivated to take the lessons shown based on an 88% positive response based on questionnaire results. The data shows that the use of diary media is effective in the learning of writing Javanese poetry grade IV students at SDN 1 Sambit.