Pengembangan Buku Cerita “Aku Bukan Gajah” untuk Mencegah Bullying Verbal pada Anak Usia 5-6 Tahun
Development of the Story Book "I Am Not An Elephant" to Prevent Verbal Bullying in Children Aged 5-6 Years
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan bullying verbal pada anak di sekolah. Permasalahan bullying ini juga banyak terjadi pada anak di Indonesia berdasarkan data dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) yakni sebanyak 37.381 kasus pelaporan kekerasan pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk buku cerita yang berjudul “Aku Bukan Gajah” untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefeektifan buku cerita dalam mencegah bullying verbal pada anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini menggunakan Research and Development dengan model ADDIE dengan 5 tahap yaitu analyze, design, development, implementation, evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun, guru, dosen ahli materi dan media. Buku cerita yang dikembangkan telah dilakukan uji validasi untuk mengetahui kelayakan kepada dosen ahli materi dengan skor 87,5 % sehingga buku cerita dinyatakan layak digunakan. Selanjutnya, untuk kelayakan media dari dosen ahli media dengan skor 83,3 % sehingga buku cerita dinyatakan layak digunakan. Buku cerita juga telah dilakukan uji kepraktisan kepada guru di lembaga sekolah dengan skor 87,5%, 95% dan 100%. Dari ketiga guru di sekolah menunjukkan bahwa buku cerita sangat praktis digunakan dalam pembelajaran di sekolah. Selanjutnya keefektifan buku cerita telah dianalisis menggunakan perhitungan uji Wilcoxon menggunakan SPSS 25 yang menunjukkan bahwa asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,000 sehingga p < 0,05 atau 0,000 < 0.05, karena hasil menunjukkan signifikasi lebih kecil dari 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh penggunaan buku cerita untuk mencegah bullying verbal pada anak usia 5-6 tahun.
Kata Kunci : Buku cerita, bullying verbal, anak usia 5-6 tahun
This research was motivated by the problem of verbal bullying among children at school. This bullying problem also occurs frequently among children in Indonesia, based on data from the Indonesian Child Protection Commission (KPAI), namely 37,381 cases of violence reported against children. This research aims to develop a storybook product entitled "I'm Not an Elephant" to determine the feasibility, practicality and effectiveness of storybooks in preventing verbal bullying in children aged 5-6 years. This type of research uses Research and Development with the ADDIE model with 5 stages, namely analyze, design, development, implementation, evaluation. The subjects in this research were children aged 5-6 years, teachers, material and media expert lecturers. The storybook that was developed was carried out in a validation test to determine its suitability for material expert lecturers with a score of 87.5% so that the storybook was declared suitable for use. Furthermore, for media suitability from media expert lecturers with a score of 83.3%, the storybook was declared suitable for use. The storybook has also been tested for practicality by teachers in school institutions with scores of 87.5%, 95% and 100%. The three teachers at the school indicated that storybooks were very practical to use in learning at school. Furthermore, the effectiveness of storybooks has been analyzed using Wilcoxon test calculations using SPSS 25 which shows that asymp.Sig (2-tailed) is 0.000 so that p < 0.05 or 0.000 < 0.05, because the results show significance is smaller than 0.05 then Ho is rejected and Ha accepted, meaning that there is an effect of using storybooks to prevent verbal bullying in children aged 5-6 years.
Keywords: Story books, verbal bullying, children aged 5-6 years