Pengembangan Media Lift the Flap pada Penyampaian Cerita Tanabata (七夕) dalam Pengajaran Bahasa dan Budaya Jepang
Development of Lift the Flap Media on Tanabata (七夕) Story in Japanese Language and Culture Teaching
Dalam mempersiapkan generasi muda dalam menghadapi era globalisasi, maka mempelajari bahasa asing terlebih bahasa Jepang menjadi sebuah kebutuhan. Namun, pembelajaran bahasa Jepang di sekolah dirasa membosankan dan kurangnya minat siswa dalam mata pelajaran bahasa Jepang. Pengetahuan budaya Jepang diberikan di sekolah agar siswa merasa dekat dengan Jepang sehingga meningkatkan motivasi belajar bahasa Jepang. Media pembelajaran dibuat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan dapat dijadikan sumber bahan ajar. Pengembangan media lift the flap menggunakan tema cerita rakyat atau dongeng berjudul Tanabata. Lift the flap merupakan teknik mekanik pada kertas yang lebih dahulu ada sebelum pop-up.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam mempelajari bahasa dan budaya Jepang, sehingga mampu meningkatkan motivasi siswa dalam mempelajari bahasa Jepang. Cerita rakyat diberikan karena dongeng merupakan sebuah budaya yang diwariskan secara turun temurun dan dapat menjadi identitas sebuah bangsa. Cerita Tanabata dipilihi karena cerita ini sudah sangat terkenal bahkan dijadikan sebuah perayaan di Jepang.
Proses penelitian pengembangan dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain media, validasi desain, revisi desain, validasi media, dan revisi media. Validasi media terbagi menjadi dua, validasi isi dan validasi konstruksi media. Hasil dari validasi isi media mendapatkan nilai sebesar 92%, sedangkan hasil validasi media oleh ahli mendapatkan nilai sebesar 85%. Dari hasil penilaian tersebut, dapat dikatakan bahwa media lift the flap yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam memperkenalkan cerita rakyat Tanabata (七夕) .
Kata Kunci: Pengembangan, R&D, lift the flap, cerita rakyat
In preparing the younger generation for the globalization era, learning a foreign language, especially Japanese, is a necessity. However, learning Japanese at school is tedious and students lack interest in Japanese. Knowledge of Japanese culture is given in schools so that students feel close to Japan, thereby increasing motivation to learn Japanese. Learnig media are made to increase student motivation and can be used as a source of teaching materials. The development of lift the flap media uses the theme of folklore entitled Tanabata. Lift the flap is a mechanical technique on paper that predates pop-ups.
This study aims to develop learning media that can assist students in learning Japanese language and culture, so as to increase student motivation in learning Japanese. Folklore is a culture that has been passed down from generation to generation and can become the identity of a nation. The Tanabata story was chosen because this story is very well known and even used as a celebration in Japan.
The research and development process is carried out in several stages, namely potentials and problems, data collection, media design, design validation, design revision, media validation, and media revision. Media validation is divided into two, content validation and media construction validation. The results of the validation of media content get a value of 92%, while the results of media validation by experts get a value of 85%. From the results of this assessment, it can be said that the lift the flap media developed is very feasible to be used in introducing Tanabata (七夕) folklore.
Keywords: Development, R&D, lift the flap, folklore