Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Berpikir Kreatif Mata Pelajaran PJOK
Effectiveness Application of Interactive Learning Media
on Creative Thinking
Pada masa pandemi ini pendidikan di Indonesia mengalami perubahan yaitu menggunakan pembelajaran jarak jauh dengan sistem hybrid. Sekolah di Sidoarjopun memberlakukan 50% tatap muka dan 50% daring serta Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) juga menggunakan media komunikasi. Dengan begitu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan media pembelajaran interaktif terhadap berpikir kreatif mata pelajaran PJOK. Penelitian ini menggunakan metode Pre-experiment Design dengan desain one group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMKN 2 Buduran dengan jumlah 1315 siswa. Sampel yang digunakan adalah cluster random sampling dan yang terambil adalah kelas X OTKP 2 yang berjumlah 38 siswa yang terdiri dari 2 laki-laki dan 36 perempuan. Untuk analisis data menggunakan SPSS 25 yang terdiri dari analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan paired sample t test. Instrumen yang digunakan adalah angket berpikir kreatif yang bersifat tertutup dan sudah diuji kevalidannya. Hasil menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest sebesar 42,34 meningkatkan menjadi 50,13 saat posttest. Peningkatan tersebut dinyatakan signifikan dengan nilai t sebesar 5,804 p-valuer sebesar 0,000<0,05. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif sangat efektif karena hasil menyatakan perbedaan antara nilai pretest sebesar 42,34 dan postest sebesar 50,13, dari kedua hasil data tersebut terdapat selisih yang signifikan sehingga media interaktif sangat berpengaruh terhadap peningkatan berpikir kreatif siswa.
Keywords: kreativitas; berpikir kreatif; siswa.
During this pandemic, education in Indonesia underwent a change, namely using distance learning with a hybrid system. Schools in Sidoarjo also apply 50% face-to-face and 50% online and Learning Physical Education, Sports and Health (PJOK) also uses communication media. Thus, this study aims to determine the effectiveness of the application of interactive learning media on creative thinking in PJOK subjects. This study uses the Pre-experiment Design method with a one group pretest-posttest design. The population in this study were all students at SMKN 2 Buduran with a total of 1315 students. The sample used was cluster random sampling and what was taken was class X OTKP 2 with a total of 38 students consisting of 2 boys and 36 girls. For data analysis using SPSS 25 which consists of descriptive analysis, normality test, homogeneity test, and paired sample t test. The instrument used is a closed creative thinking questionnaire and has been tested for validity. The results showed that the pretest average value was 42.34 and increased to 50.13 at the posttest. The increase was declared significant with a t-value of 5.804 p-value of 0.000 <0.05. It can be concluded that interactive learning media is very effective because the results state the difference between the pretest value of 42.34 and the posttest of 50.13, from the two data results there is a significant difference so that interactive media greatly influences the improvement of students' creative thinking.
Keywords: creativity, creative thinking, student