MENINGKATKAN OTONOMI SISWA MELALUI REKAMAN VIDEO DI KELAS PUBLIC SPEAKING
PROMOTING LEARNERS’ AUTONOMY THROUGH VIDEO RECORDING IN PUBLIC SPEAKING CLASS
Perubahan sistem pembelajaran dari sebelumnya berpusat pada guru menjadi berpusat pada siswa membuat siswa dituntut untuk bertanggung jawab, mengelola pembelajaran, dan mengimplementasikan pengetahuan untuk menjadi pembelajar yang mandiri, terutama di kelas berbicara. Namun, dalam pembelajaran berbicara, guru mendominasi sebagian besar kegiatan pembelajaran, membuat siswa pasif untuk mengambil tanggung jawab mereka. Karena masalah ini, guru harus inovatif dan melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran interaktif untuk membuat mereka aktif dengan menggunakan teknologi. Salah satu caranya adalah melalui perekaman video. Studi sebelumnya mengklaim bahwa siswa yang menggunakan rekaman video di kelas berbicara meningkatkan kompetensi berbicara dan kepercayaan diri mereka. Namun demikian, penelitian sebelumnya terutama berfokus pada kompetensi berbicara siswa daripada otonomi pelajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki otonomi pembelajar di kelas berbicara dengan rekaman video. Partisipan dari penelitian ini adalah seorang dosen dan mahasiswa Bahasa Inggris yang mengikuti kelas Public Speaking di salah satu universitas di Surabaya. Selama rangkaian kegiatan pengumpulan data, peneliti mengamati bagaimana dosen memperkenalkan implementasi perekaman video dan melakukan wawancara untuk mengetahui bagaimana mahasiswa mengimplementasikan otonomi mereka dalam pembelajaran berbicara melalui perekaman video. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen aktif mendorong mahasiswa untuk mengembangkan tanggung jawab dan kemandirian belajarnya dengan menerapkan otonomi reaktif. Hasilnya, siswa menyampaikan pidato pada rekaman video melalui tahapan otonomi siswa dengan baik.
The change in the learning system from the previous teacher-centeredness to learner-centeredness makes the students demand to take responsibility, manage learning, and implement knowledge to become autonomous learners, especially in speaking class. However, in learning to speak, teachers dominate most learning activities, making students passive to take their responsibilities. Because of this problem, teachers must be innovative and engage students in interactive learning activities to make them active by using technology. One of the ways is through video recording. Previous studies claimed that students who used video recording in speaking class improved their speaking competencies and self-confidence. Nevertheless, previous studies mainly focused on students’ speaking competence rather than learner autonomy. Hence, this study aims to investigate learner autonomy in speaking class with video recording. The participants of this study were an English lecturer and students taking a Public Speaking Class at one university in Surabaya. During a series of data collection activities, the researcher observed how the lecturer introduced video recording implementation and did the interview to know how the students implemented their autonomy in learning speaking through video recording. The result showed that the lecturer was active in encouraging students to develop their learning responsibility and independence by implementing reactive autonomy. As a result, students delivered speeches on video recording through the learner autonomy stages properly.