Persaingan toko sepatu di Surabaya cukup ketat, terlihat dari jarak lokasi antar toko yang saling berdekatan, berdampingan atau hanya berseberangan. Produk sepatu sendiri termasuk jenis produk shopping goods yang proses pengambilan keputusan pembeliannya lebih sulit dibandingkan produk sehari-hari (Convenience Goods). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh keberagaman produk terhadap keputusan pembelian, 2) pengaruh suasana toko terhadap keputusan pembelian, 3) pengaruh keberagaman produk dan suasana toko secara simultan terhadap keputusan pembelian pada toko Stars. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah melakukan pembelian di toko Stars dan dengan sampel berjumlah 98 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara langsung kepada responden. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis regresi linier berganda menggunakan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan variabel keberagaman produk dan suasana toko berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.
The competition for shoe stores in Surabaya is quite tight, as seen from the distance between locations that are close together, side by side or just opposite. Shoe product itself is a type of shopping goods, which makes the purchasing decision making process more difficult than convenience goods. This study aims to determine 1) the influence of product diversity on purchasing decisions, 2) the influence of the store atmosphere on purchasing decisions, 3) the effect of product diversity and the store atmosphere simultaneously on purchasing decisions in the Stars shop. The population in this study are consumers who have made purchases at the Stars store and with a sample of 98 respondents. Data collection techniques using a questionnaire distributed directly to respondents. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis using SPSS version 25. The results showed that partially and simultaneously variables of product diversity and store atmosphere had a positive effect on purchasing decisions.