Perancangan Media Kampanye Diet Planet Sebagai Upaya Pengurangan Sampah Makanan
Media Design for Planetary Diet Campaign as Effort to Reduce Food Waste
Indonesia ada di posisi nomor dua dalam penyumbang sampah makanan di dunia. Dalam setahun Indonesia bisa menghasilkan sampah makanan dengan total mencapai 1,3 juta ton per tahun. Sebagian besar sampah makanan tersebut adalah sayuran. Masih rendahnya minat konsumsi sayuran terutama di kalangan remaja membuat banyak sayuran yang terbuang percuma. Dengan demikian penelitian ini ingin mengedukasi para remaja untuk lebih menghargai makanan lewat kampanye Diet Planet. Perancangan ini diawali dengan mencari informasi terkait dengan Diet Planet dan mengolah data tersebut dengan metode desain thinking. Data tersebut diolah menjadi desain dengan gaya illustrasi infografis yang disesuaikan dengan selera remaja. Hasil penelitian ini berupa instagram kampanye Diet Planet, Buku Saku Kalori Makanan, poster, dan brosur. Setelah selesai membuat desainnya, maka hasil penelitian diunggah ke instagram dan dilakukan validasi untuk menilai kelayakan materi. Dari validasi dapat disimpulkan bahwa materi tentang diet planet dan sampah makanan masih awam diketahui oleh para remaja Surabaya. Instagram kampanye Diet Planet menjadi media edukasi yang efektif untuk remaja Surabaya.
Kata Kunci: Diet Planet, Remaja, Sampah Makanan
Indonesia is in the number two position in contributing food waste in the world. Within a year Indonesia can produce food waste with a total of 1.3 million tons per year. Most of the food waste is vegetables. The low interest in vegetable consumption, especially among teenagers, makes a lot of vegetables thrown to garbage. This research wants to educate teenagers to better appreciate food through the Planetary Diet campaign. The design begins with finding information related to the Planetary Diet and processing the data with design thinking method. The data is processed into a design with infographic illustration style that is tailored to the tastes of adolescents. The results of this study were in the form of the Planetary Diet campaign, the Food Calorie Pocket Book, poster and brochure. After completing the design, the research results are uploaded to Instagram and validated to assess the suitability of the material. From the validation it can be concluded that the material about planetary diets and food waste is still unknown to the Surabaya’s teenagers. The Planetary Diet Instagram campaign becomes an effective educational media for Surabaya’s teenagers.
Keywords: Planetary Diet, Teenager, Food Waste.