Strategi Promosi DC Production Melalui Media Sosial dalam Menaikkan Popularitas Denny Caknan
DC Production Promotion Strategy Through Social Media to Increase The Popularity of Denny Caknan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi promosi DC Production menggunakan media sosial untuk menaikkan popularitas Denny Caknan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Paradigma yang digunakan adalah paradigma kontruktivisme dimana proses sosial didapatkan melalui aksi dan interaksi yang diciptakan oleh individu secara terus menerus sehingga menghasilkan suatu realitas yang dimiliki dan dialami secara perorangan. Pengumpulan data didapatkan melalui observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi yang digunakan oleh DC Production yaitu dengan memanfaatkan media sosial. Media sosial berperan penting dalam melakukan promosi karya dari Denny Caknan. DC Production menggunakan alat promosi berupa media sosial seperti Instagram, Youtube dan TikTok. Youtube berguna sebagai etalase pengenalan sebuah lagu, kemudian di promosikan atau diperkenalkan melalui Instagram dan TikTok. Instagram untuk mempengaruhi engagement rate melalui likes dan koemntar. Kemudian strategi promosi yang digunakan yaitu personal branding yang melekat pada diri Denny Caknan di media sosialnya.
Kata Kunci : Strategi Promosi, DC Production, Media Sosial, Denny Caknan
This study aims to determine how the implementation of DC Production's promotion strategy using social media to increase the popularity of Denny Caknan. This research is a qualitative descriptive research with case study method. The paradigm used is the constructivist paradigm where social processes are obtained through actions and interactions created by individuals continuously so as to produce a reality that is owned and experienced individually. Data collection was obtained through observation and in-depth interviews. The results of this study indicate that the promotional strategy used by DC Production is by utilizing social media. Social media plays an important role in promoting the work of Denny Caknan. DC Production uses promotional tools in the form of social media such as Instagram, Youtube and TikTok. Youtube is useful as a showcase for introducing a song, then being promoted or introduced through Instagram and TikTok. Instagram to influence engagement rate through likes and comments. Then the promotional strategy used is personal branding attached to Denny Caknan on his social media. Keywords : Promotion Strategy, DC Production, Social Media, Denny Caknan