Pengembangan Strategi Keunggulan Kompetitif di SDIT At Taqwa Surabaya.
Development of Competitive Advantage Strategy at SDIT At Taqwa Surabaya.
Kata Kunci: Manajemen Strategi, Keunggulan Kompetitif, Sekolah Dasar Islam.
SDIT At Taqwa mempunyai tujuan besar untuk menjadi sekolah percontohan bagi sekolah-sekolah lain disekitarnya dalam mendidik dan meluluskan generasi yang bertaqwa, berprestasi optimal dan berwawasan lingkungan. Dari hasil analisis kebutuhan yang didapatkan melalui wawancara, pengamatan, maupun angket, SDIT At Taqwa ingin menunjukkan kepada masyarakat mengenai berbagai keunggulan yang dimiliki melalui program-program yang dilaksanakan untuk bisa bertahan dan bersaing dalam tingkat nasional maupun global. Untuk mewujudkan tujuan dan cita-cita tersebut maka SDIT At Taqwa harus memiliki strategi yang tepat, sehingga perlu adanya penyusunan model pengembangan strategi keunggulan kompetitif. Pedoman tersebut nantinya akan menghasilkan faktor kunci keberhasilan yang merupakan pilihan strategi yang dapat dilakukan oleh sekolah dalam mencapai keunggulan yang berdaya saing. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk strategi keunggulan kompetitif di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) At Taqwa Surabaya dengan melihat kelayakan, kepraktisan dan keefektifan strategi tersebut. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan pendekatan kuantitatif deskribtif. Data yang diperoleh dalam penelitian dan pengembangan ini berasal dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi, serta angket yang diisi oleh validator ahli dan para subjek yang sudah dipilih menjadi satu kelompok kecil yang dilibatkan dalam penelitian. Analisis data dilakukan dengan cara: (1) analisis data kevalidan, (2) analisis data kepraktisan, (3) analisis data keefektifan. Hasil penelitian ini adalah sebuah produk berupa penyusunan model pengembangan strategi keunggulan kompetitif di SDIT At Taqwa Surabaya yang valid, praktis, dan efektif. Produk terdiri dari beberapa komponen yang meliputi: (1) halaman judul, (2) kata pengantar, (3) pendahuluan, (4) langkah-langkah pelaksanaan model pengembangan strategi keunggulan kompetitif yang harus dilakukan oleh Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Koordinator Bidang, dan Guru Wali Kelas. Kelayakan produk berupa penyusunan model pengembangan strategi keunggulan kompetitif di SDIT At Taqwa Surabaya mendapatkan nilai berikut: (1) validitas sebesar 3,3 dari nilai maksimum 4, (2) kepraktisan sebesar 2,87 dari nilai maksimum 4, dan (3) keefektifan sebesar 2,71 dari nilai maksimum 4. Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil temuan tersebut bahwa produk penyusunan model pengembangan strategi keunggulan kompetitif di SDIT At Taqwa Surabaya adalah layak, praktis dan efektif digunakan.
Keywords: Strategic Management, Competitive Advantage, Islamic Elementary School