PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN MITIGASI BENCANA
KEBAKARAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
Development of a mitigation of fire disaster learning activities guide book for children aged 5-6 years
ABSTRAK
PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN MITIGASI BENCANA KEBAKARAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
Pengetahuan bencana kebakaran merupakan kegiatan pembelajaran yang sangat penting diberikan kepada anak-anak. Pembelajaran kegiatan mitigasi bencana kebakaran dapat diberikan pada anak melalui pembelajaran terstruktur dengan menggunakan buku panduan kegiatan pembelajaran mitigasi bencana kebakaran. Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum adanya pembelajaran mitigasi bencana kebakaran kepada anak usia 5-6 tahun dan kurangnya pengetahuan anak terhadap mitigasi bencana kebakaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka penelitian ini dilakukan betujuan untuk mengembangkan sebuah buku panduan untuk guru terkait dengan membelajaran mitigasi bencana kebakaran pada anak di TK Surabaya. Penelitian ini menggunakan Model pengembangan ADDIE (Analisis, Design, Development and Implementation, Evaluation) dimana digunakan sebagai suatu proses yang berfungsi untuk kerangka pemandu dalam situasi kompleks. Subjek penelitian ini adalah dengan beberapa guru kelas TK B dikota surabaya bagian barat. Pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara dan angket. Media buku panduan kegiatan pembelajaran mitigasi bencana kebakaran layak digunakan untuk pembelajaran mitigasi kebakaran di sekolah anak usia 5-6 tahun. Kelayakan produk dapat dilihat dari hasil penilaian oleh ahli media dan ahli materi buku ini mendapatkan prosentase nilai 82,1% dari ahli media dengan keterangan sangat dibutuhkan atau sangat layak. Sedangkan, dari ahli materi yang telah di review mendapatkan prosentase nilai 87,5% dengan keterangan sangat dibutuhkan digunakan dalam pembelajaran, dan dalam penilaian guru terbukti dari hasil angket yang telah diisi oleh guru disekitar surabaya sebanyak 20 guru dengan memperoleh prosentase nilai 87,06% dengan kategori baik sekali dan keterangan sangat dibutuhkan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan buku panduan kebakaran sangat dibutuhkan oleh guru di sekitar surabaya. Kegunaan buku panduan bagi guru yaitu guru dapat memanfaatkan buku panduan sebagai acuan dalam kegiatan pembelajaran dan dengan mudah dalam mengajarkan kegiatan kebakaran kepada peserta didik.
Kata kunci : Buku panduan, Mitigasi, Kebakaran
ABSTRACT
DEVELOPMENT OF A MITIGATION OF FIRE DISASTER LEARNING ACTIVIES GUIDE BOOK FOR CHILDREN AGED 5-6 YEARS
Knowledge in fire disaster is very important to be given to children in learning activities. Learning activities regarding to fire disaster mitigation can be given to the children through the structural activities using a guidebook. The background of this research is The lack knowledge of children aged 5-6 years about fire disaster mitigation due to the absence of similar learning in school acitivites. Based on these problems, this research aims to developed a guidebook that can be used by pre-school teachers to teach children about fire disaster mitigation. This research use the ADDIE models (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) to developing the product. The subject of this research were teachers from several kindergartens in West Surabaya. Data in this research were collected by 2 techniques, namely interviews and questionnaires. The results obtained indicate that the fire disaster mitigation guidebook is appropriate for use in the learning acitivities of children aged 5-6 years. Product feasibility is shown from the results of the assessment of material and media experts judgement. The percentage of product feasibility based on media expert judgement is equal to 82,1%. Feasibility of this product assessment form material experts shows a percentage of 87,5% with a note that this guidebook is very needed in learning activities. In addition to the assessment of material and media experts, The results of the product feasibility from 20 teachers through filling out questionnaires that shows a percentage of 87,06%, which is categorized as an excellent product and the product is highly needed. Therefore, it can be concluded that the development of the guidebook of fire disaster is urgently needed by teachers in West Surabaya. The usefulness of the guidebook for the teachers that teachers can use the guidebook as a reference in learning activities and easily teach fire disaster mitigation activities to the all students.
Keywords : guidebook, mitigation, fire disaster