Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan evaluasi strategi pengumpulan (fundraising) zakat yang diterapkan di Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data primer dan sekunder. Narasumber penelitian ini dari dua latar belakang yang berbeda yakni dari karyawan Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Jawa Timur dan akademisi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat dua strategi dan dua cara evaluasi strategi fundraising zakat di Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini juga menginformasikan bahwa sosialisasi menjadi alasan utama untuk meningkatkan pengumpulan (fundraising) dana zakat di Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Jawa Timur.
Kata kunci : Zakat, Fundraising, Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Jawa Timur
This study aimed to gain strategy and zakat fundraising strategy evaluation applied at National Zakat Agency of East Java Province. This study used qualitative approach by primary and secondary data collecting. Interviewers of this study who came from different background, which are National Zakat Agency of East Java Province employees and academicians. Finding of this study shows there are two strategies and two zakat fundraising strategies evaluation at National Zakat Agency of East Java Province. This study also informs socialization become main reason to increase zakat fundraising at National Zakat Agency of East Java Province.
Keyword: Zakat, Fundraising, National Zakat Agency of East Java Province