Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Open- Ended
Creative Thinking Ability of Junior High School Students in Solving Open-Ended Mathematics Problems
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP pada aspek kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan dalam menyelesaikan soal matematika open-ended. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas VII-B di SMPN 3 Surabaya. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pemeriksaan hasil tes tertulis berdasarkan indikator kemampuan berpikir kreatif dan melakukan wawancara. Tes yang dimaksud adalah tes kemampuan berpikir kreatif soal matematika open-ended. Wawancara dalam penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil pekerjaan 30 siswa untuk menggali lebih dalam terkait aspek berpikir kreatif siswa. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan indikator kemampuan berpikir keratif yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek kefasihan ditunjukkan oleh 25 dari 30 siswa dengan menunjukkan berbagai jawaban benar. Pada aspek fleksibilitas ditunjukkan oleh 3 dari 30 siswa dengan menunjukkan beragam alternatif penyelesaian, beragam penyelesaian yang dimaksud berarti menggunakan gabungan berbagai konsep materi matematika yang dibutuhkan seperti kombinasi rumus bangun datar dengan persentase perbandingan, kombinasi rumus bangun datar dengan phytagoras, serta dengan melakukan uji coba sketsa bangun. Pada aspek kebaruan ditunjukkan oleh 1 dari 30 siswa dengan menunjukkan adanya keberagaman jawaban dan atau cara penyelesaian yang berbeda dengan mayoritas jawaban siswa pada umumnya.