PENGARUH RELIGIUSITAS, KEPERCAYAAN , LOKASI, DAN PELAYANAN TERHADAP MINAT MEMBAYAR ZAKAT
THE INFLUENCE OF RELIGIOSITY, TRUST, LOCATION, AND SERVICE ON INTEREST IN PAYING ZAKAT
Zakat merupakan instrumen untuk memeratakan pendapatan guna mengurangi angka kemiskinan. Potensi zakat di Indonesia, khususnya di Jawa Timur sangat tinggi, namun hal ini belum diiambangi oleh realisasi penghimpunan. Masyarakat cenderung membayar zakatnya secara langsung ke mustahiq. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh religiusitas, kepercayaan, lokasi, dan pelayanan terhadap minat masyarakat Jawa Timur dalam membayar zakat melalui BAZNAS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan skala pengukuran likert dan teknik analisis regresi linier berganda. Berdasarkan uji yang telah dilakukan variabel religiusitas, kepercayaan, dan pelayanan tidak mempengaruhi minat membayar zakat melalui BAZNAS secara parsial. Sedangkan variabel lokasi berpengaruh terhadap minat masyarakat untuk membayar zakat melalui BAZNAS. Secara bersama-sama variabel religiusitas, kepercayaan, lokasi dan pelayanan berpengaruh terhadap minat masyarakat membayar zakat melalui BAZNAS.
Zakat is one of the instruments to equalize income to reduce poverty. The potential for zakat in Indonesia, especially in East Java is very high, but this has not been offset by the realization of the collection. People tend to pay zakat directly to mustahiq. This study aims to determine whether there is an influence of religiosity, belief, location, and service on the interest of the people of East Java in paying zakat through BAZNAS. In this study, the method used is a qualitative approach with a measurement scale using a Likert scale and multiple linear regression analysis techniques. The results showed that the variables of religiosity, trust, and service did not affect the interest in paying zakat through BAZNAS partially. While the location variable affects people's interest in paying zakat through BAZNAS. Together or simultaneously the variables of religiosity, belief, location, and service affect the interest in paying zakat through BAZNAS.