ASH SHIDDIEQY, MOHAMMAD HASBI. 2016. “ Pengembangan E –
Learning Pada Mata Kuliah Sistem Digital Di Jurusan Tehnik Informatika
Universitas Negeri Surabaya “. Program Studi Pendididkan Teknologi dan Kejuruan
Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing : (1) Prof. Dr. H. Eko
Hariadi, M.pd. (2) Dr. Meini Sondang S.
M.pd.
Kata kunci: Media e-
learning , Mata Kuliah Sistem Digital ,
Universtas Negeri Surabaya.
Tujuan
penelitian ini adalah mengembangkan perangkat media pembelajaran berbasis e –
learning pada mata kuliah sistem digital di jurusan tehnik informatika
Universitas Negeri Surabaya. Perangkat yang dikembangkan adalah sistem
pembelajaran berbasis web dengan dukungan software ISPRING dengan software
implementasi e- learningnya adalah Moodle. Selain itu, lingkup penelitian ini
merupakan alat bantu perkuliahan yang sudah ada di Universitas Negeri Surabaya
bukan pengganti kuliah. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research
and Development (R & D) yang dilakukan dengan empat tahap, studi
pendahuluan, mendesain satuan acara perkuliahan (SAP), validasi dan revisi
perangakat SAP, dan uji coba perangkat SAP pada mata kuliah sistem digital di
jurusan tehnik informatika Universitas Negeri Surabaya.
Desain uji coba empiris yang digunakan pada
perangkat pembelajaran yang terkait dengan peningkatan hasil belajar mahasiswa
adalah One-Group Pretest-Postest Design.
Hasil
dari penelitian ini menunjukkan bahwa validasi perangkat pembelajaran yang
dikembangkan yaitu: SAP 1, SAP 2, dan SAP 3 berkategori baik dengan rata-rata
nilai 3,67. Sedangkan keterlaksanaan pembelajaran dapat terlaksana dengan
kategori baik dengan rata-rata nilai 4,02. Persentase respon mahasiswa dengan
nilai rata rata 3,56 menunjukkan bahwa
mahasiswa senang dan tertarik terhadap pembelajaran berbasis e- learning pada
mata kuliah sistem digital. Hasil belajar afektif / ranah sikap yang terdiri atas sikap
kejujuran, disiplin, tanggung jawab dan saling menghargai memperoleh nilai
rata-rata 82 termasuk kategori sangat baik. Hasil belajar kognitif / ranah
pengetahuan menunjukkan peningkatan
dengan rata-rata skor pre-test 64,8 dan rata-rata skor post-test 92,4.
Sedangkan hasil belajar psikomotor / ranah keterampilan dalam mata kuliah
sistem digital yang menyangkut beberapa aspek antara lain : Identifikasi sinyal
analog sinyal digital, Merancang konsep
gerbang logika, konsep aljabar boolean, menganalisis tabel kebenaran, sistem
angka dan konversinya sistem digital, hasil analisisnya memperoleh rata-rata
skor 4,8.
Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media berbasis e-
learning pada proses pembelajaran mata kuliah sistem digital jurusan tehnik informatikia telah layak
dipergunakan sebagai media pembelajaran, memiliki tingkat hasil belajar yg
lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar mahasiswa dengan media power point , serta respon mahasiswa menunjukkan ketertarikannya dalam hal mengakses data informasi pembelajaran secara online .