Adanya virus covid-19 (Corona Virus Disease 2019) mengakibatkan perubahan sistem pendidikan menjadi
daring. Pada SMAN 1 Mejayan Madiun adanya permasalahan hasil belajar peserta didik saat pembelajaran daring
menurun serta kurangnya bahan ajar yang sesuai mengakibatkan keinginan peneliti untuk mengembangkan bahan ajar
yang menarik dan interaktif yaitu Flipbook Geografi. Riset ini bertujuan untuk mengetahui 1) Kelayakan Flipbook
Geografi menurut pakar media, 2) Perbandingan hasil belajar peserta didik yang memanfaatkan Flipbook Geografi
dengan yang tidak, 3) Aktivitas peserta didik dalam menggunakan Flipbook Geografi saat pembelajaran, 4) Aktivitas
guru dalam menggunakan Flipbook Geografi saat pembelajaran, 5) Respon peserta didik dalam penggunaan Flipbook
Geografi saat pembelajaran daring.
Metode yang dilakukan adalah Research and Development/R&D, model pengembangannya yaitu 4-D (Define,
Design, Develop, Desseminate). Penelitian ini tidak sampai pada sesi Desseminate. Memakai kategori studi Quasi
Esperimental Design desainnya yaitu Nonequivalent Kontrol Group Design. Metode pengumpulan data melalui
wawancara, lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar observasi aktivitas guru, serta angket respon peserta didik.
Populasi ialah peserta didik kelas X IPS SMAN 1 Mejayan, sampel yaitu kelas X IPS 1 dan kelas X IPS 2. Skala likert
untuk analisis data angket dan validasi. Teknik analisis data memakai uji normalitas, uji homogenitas, uji t-test, serta n-gain score.
Hasil dari riset menampilkan 1) Kelayakan Flipbook Geografi yang divalidasi ahli media memperoleh nilai
sebesar 93,33%. 2) Rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 86,67 sedangkan kelas kontrol 80,67. Perbedaan hasil
belajar n-gain score 63% “cukup efektif”, independent t-test diperoleh sig.(2-tailed) 0,002 menampilkan terdapat
perbedaan hasil belajar yang signifikan. 3) Pada kelas eksperimen aktivitas peserta didik dengan menggunakan Flipbook
Geografi mengalami peningkatan yaitu 87,5%. 4) Aktivitas guru pada kelas eksperimen mengalami kenaikan yaitu 82%.
5) respon peserta didik dalam penggunaan Flipbook Geografi 60% “sangat setuju” dan 40% “setuju”.
Kata Kunci : Planet Bumi, Flipbook Geografi, Pembelajaran Daring.