Seiring dengan pertumbuhan pengguna internet yang meningkat, diikuti dengan tingginya kegiatan jual-beli online. Keputusan pembelian secara online dipengaruhi oleh beberapa faktor yang ada di dalam diri konsumen yaitu kepercayaan, usia, jenis kelamin, persepsi risiko, sikap. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membahas pengaruh Kepercayaan dan Persepsi Risiko terhadap Keputusan Pembelian Online pada pengguna Lazada.
Penelitian ini merupakan penelitian kausal. Populasi dalam penelitian ini yaitu responden dengan usia antara 15-37 tahun yang telah melakukan pembelian online di Lazada dalam jangka waktu satu bulan terakhir (18 Maret – 14 April 2019). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan menggunakan metode judgmental sampling. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala rating. Menggunakan alat analisis regresi linear berganda untuk analisis data. Penyebaran angket dilakukan secara online dengan menggunakan google form.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari kepercayaan terhadap keputusan pembelian online dan persepsi risiko terhadap keputusan pembelian online. Hasil penelitian juga mengungkapkan bahwa kepercayaan memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap keputusan pembelian online dibandingkan dengan persepsi risiko.
Kata Kunci: Kepercayaan, Persepsi Risiko, dan Keputusan Pembelian Online
In line with the growth of internet users, is accompanied by high online-related buying and selling activit. Online purchase decision are influenced by several internal factors of consumer, namely trust, age, gender, perceived risk, attitude. This research aimed to analyze and discuss the influence of Trust and Perceived Risk on Online Purchase Decision on Lazada users.
This analysis is conducted with causal research method. The population in this study are respondents aged between 15-37 years old who had ever made online purchased at Lazada within the last month (18 March – 14 April 2019). The sampling technique used is non-probability sampling using the judgmental sampling method. The measurement scale used is the rating scale using a multiple linear regression analysis tool for data analysis. Distribution of questionnaires are done by online using google form.
The result shows that there is a significant effect of trust in online purchase decision and perceived risk of online purchase decision. The results also reveals that trust has a greater influence on online purchase decision compared to perceived risk.
Keywords: Trust, Perceived Risk, and Online Purchase Decision