Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah ada pengaruh secara simultan maupun parsial antara minat, motivasi dan cara belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Sooko. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sooko dengan menggunakan sampel jenuh. Variabel bebas yang digunakan ada tiga yang meliputi minat (X1), motivasi (X2) dan cara belajar (X3) sedangkan variabel terikat yang digunakan ada satu yaitu hasil belajar (Y). Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara minat, motivasi dan cara belajar terhadap hasil belajar siswa. (2) ada pengaruh positif dan signifikan secara parsial minat terhadap hasil belajar siswa. (3) tidak ada pengaruh positif dan signifikan secara parsial motivasi terhadap hasil belajar. (4) tidak ada pengaruh positif dan signifikan secara parsial cara belajar terhadap hasil belajar siswa. Besarnya pengaruh variabel minat, motivasi dan cara belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 13,1% sedangkan sisanya sebesar 86,9% dipengaruhi variabel lain diluar penelitian ini.
Kata kunci: minat, motivasi, cara belajar, hasil belajar.
The purpose of this study is to analyze whether there are simultaneous or partial influences between interests, motivation and ways of learning on student learning outcomes in economic subjects at Sooko 1 High School. The population used in this study was all students of class XI IPS in Sooko 1 Public High School using saturated samples. There are three independent variables used which include interest (X1), motivation (X2) and learning methods (X3) while the dependent variable used is one, namely learning outcomes (Y). Methods of data collection using questionnaires and documentation. The method of data analysis uses multiple linear regression analysis. The results of the study show that (1) there is a positive and significant effect simultaneously between interest, motivation and ways of learning towards student learning outcomes. (2) there is a positive and significant influence partially on interest in student learning outcomes. (3) there is no positive and significant influence partially on motivation towards learning outcomes. (4) there is no positive and significant influence partially on the way of learning towards student learning outcomes. The magnitude of the influence of variables of interest, motivation and learning methods on student learning outcomes is 13.1% while the remaining 86.9% is influenced by other variables outside of this study.
Keywords: interests, motivation, how to learn, learning outcomes