Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing, aktivitas siswa, keterampilan berpikir analisis siswa pada materi kesetimbangan kimia dan respon siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan One Grup Pretest-Posttest Design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 4 Sidoarjo dengan jumlah 36 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kualitas keterlaksanaan model pembelejaran inkuiri terbimbing pada dua kali pertemuan dari fase 1 hingga fase 5 pada pertemuan I beruturut-turut sebesar 3,6; 3,5; 3,6; 3,8; 3,9 dan pada pertemuan II beruturut-turut sebesar 3,8; 4; 3,9; 3,8; 3,9 atau berada pada kriteria sangat baik. 2) Presentase waktu aktivitas siswa pada dua kali pertemuan untuk aktivitas menganalisis pada pertemuan I dan II berturut-turut sebesar 61,48% dan 38,5%. 3) Keterampilan analisis siswa secara keseluruhan memiliki persentase sebesar 94% memperoleh nilai tuntas dengan persentase N-gain pada kriteria tinggi dan rendah berturut-turut sebesar 94% dan 6%. 4) Respon siswa setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing mendapatkan kriteria sangat baik dengan persentase respon positif sebesar 96,96%.
Kata kunci: Model Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Berpikir Analisis, Kesetimbangan Kimia
The purpose of this research is to describe the feasibility of guided inquiry learning model, student activity, analysis thinking skill on chemical equilibrium material and the student’s responses. The research uses One Group Pretest-Posttest Design. The subject of this research are 36 students of grade XI MIPA 4 SMA Negeri 4 Sidoarjo. The result of this research show : (1)The quality implementation of guided inquiry learning in two meetings from phases one until five at first meeting was 3,6; 3,5; 3,6; 3,8; 3,9 and second meeting was 3,8; 4; 3,9; 3,8; 3,9 or in very good criteria. (2) The percentage time activities of students in two meetings to analysis activities in meeting I and II respectively 61,48% dan 38,5%. (3) The results of analysis thingking skill students have a percentage of 94% obtaining complete scores with the percentage of N-gain score in the criteria of high and medium respectively at 94% and 6%. (4) Student’s responses after application of guided inquiry leraning models have very good criteria with percentage positive responses at 96,96%.
Keywords: Guided Inquiry Model, Analysis Thinking Skill, Chemical Equilibrium