Penelitian ini bertujuan untuk mewujudkan penerapan PBL dengan konteks ESD dalam meningkatkan hasil belajar dan kesadaran keberlanjutan peserta didik kelas X di SMA Labschool Unesa 1. Rancangan penelitian ini menggunakan kuasi-eksperimen dengan jenis analisis pre-post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik setelah penerapan model. Berdasarkan hasil statistik uji t diperoleh nilai F hitung 1,492 dengan nilai p 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak atau hipotesis nol ditolak sedangkan hipotesis alternatif diterima. Kemudian terdapat perbedaan hasil belajar kelompok model konvensional dengan kelompok PBL konteks ESD. Perbedaan ini diperkuat dengan data perolehan rata-rata masing-masing kelompok, dimana untuk kelompok eksperimen (model PBL konteks ESD) diperoleh hasil rerata 89,60. Sedangkan kelompok kontrol (model konvensional) diperoleh hasil rata-rata sebesar 78,00. Dibentuk pada hasil pengujian bahwa kelompok eksperimen (model PBL konteks ESD) memperoleh hasil yang lebih tinggi daripada kelompok kontrol (model konvensional) dengan perbedaan signifikan sebesar 11,6. Kemudian untuk profil sustainability awareness peserta didik berada pada kategori tinggi dengan rerata 71% dan nilai rerata tertinggi terletak pada kategori kesadaran emosional 98%.
The aim of this study is to realized an application of PBL with ESD context in improving learning outcomes and sustainability awareness of class X learners at Labschool Unesa 1 Secondary School. The design of the study is to use quasi-experiments with pre-post test types of analysis. The outcome showed that there was a significant difference in the learning outcomes of learners after the application of the model. Basis of the results of the t test statistics, the value F calculates 1.492 with a value of p 0.000 < 0.05 which means Ho is rejected or hypothesis zero is rejected while the alternative hypothesis is accepted. Then there are differences in the learning outcomes of conventional model groups with ESD context PBL groups. This difference is reinforced by the data on the acquisition of the mean of each group, where for the experimental group (ESD context PBL model) obtained a mean result of 89.60. While the control group (conventional model) obtained a mean result of 78.00. Formed on the aftereffect of the examination that the experimental group (ESD context PBL model) obtained higher results than the control group (conventional model) with a significant difference of 11.6. Then for the sustainability awareness profile of learners are in the high category with a mean of 71% and the highest mean value lies in the category of emotional awareness of 98%.