PENERAPAN PERMAINAN KECIL DALAM PEMANASAN TERHADAP KESIAPAN PESERTA DIDIK MENGIKUTI PROSES PEMBELAJARAN PJOK
THE APPLICATION OF SMALL GAMES IN WARMING UP TO THE READINESS OF STUDENTS TO FOLLOW THE PJOK LEARNING PROCESS
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1). Apakah ada pengaruh penerapan permainan kecil dalam pemanasan terhadap kesiapan peserta didik mengikuti proses pembelajaran PJOK. 2). Seberapa besar pengaruh penerapan permainan kecil dalam pemanasan terhadap kesiapan peserta didik mengikuti proses pembelajaran PJOK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen semu. Desain pada penelitian ini yaitu One Group Pre-test-Post-test Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas VII UPT SMP Negeri 14 Gresik yang terdiri dari 9 rombel dengan jumlah keseluruhan siswa sebanyak 288 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik Cluster Random Sampling, dan kelas yang menjadi sampel yaitu kelas VII-H yang berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu berupa angket dan tes. Untuk pengolahan data dibantu dengan aplikasi statistik yaitu SPSS (Statistical Package for Social Saince) versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan permainan kecil dalam pemanasan terhadap kesiapan peserta didik mengikuti proses pembelajaran PJOK di UPT SMP Negeri 14 Gresik dapat dibuktikan dengan data pada penelitian ini yang telah diuji normalitas dan hasilnya kedua data tersebut berdistribusi normal dan dapat diuji untuk mengetahui perbedaannya secara signifikan menggunakan uji paired sample t test dan hasil yang diperoleh dari data angket kesiapan pre-test post-test Thitung 20029 > Ttabel 1699 dan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000. Pada rentang denyut nadi pre-test post-test menunjukan Thitung 8456 > Ttabel 1699 dan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000. Disimpulkan bahwa adanya pengaruh penerapan permainan kecil dalam pemanasan terhadap kesiapan peserta didik mengikuti proses pembelajaran PJOK.
Kata kunci: Kesiapan, Pemanasan, Permainan Kecil
This study aims to find out: 1). Is there any effect of the application of small games in warming up on the readiness of students to follow the PJOK learning process. 2). How much influence the application of small games in warming up on the readiness of students to follow the PJOK learning process. This study used a quantitative approach. The method used in this study is pseudo-experiment. The design in this study is One Group Pre-test-Post-test Design. The population in this study is the entire class VII UPT SMP Negeri 14 Gresik consisting of 9 rombels with a total of 288 students. The sampling technique used in this study was using the Cluster Random Sampling technique, and the class that was sampled was class VII-H which amounted to 32 students. Data collection techniques are in the form of questionnaires and tests. For data processing assisted by statistical applications, namely SPSS (Statistical Package for Social saince) The results of this study show that there is an influence of the application of small games in warming up on the readiness of students to follow the PJOK learning process at UPT SMP Negeri 14 Gresik can be proven by the data in this study which has been tested for normality and the results of both data are normally distributed and can be tested to determine the difference significantly using paired sample t test and the results obtained from the pre-test post-test readiness questionnaire data Tcalculate 20029 > Ttabel 1699 and has a significance value of 0.000. In the pulse range, the pre-test post-test showed a Tcalculate 8456 > Ttabel 1699 and had a significance value of 0.000. It was concluded that there was an influence of the application of small games in warming up on the readiness of students to follow the PJOK learning process.
Key words: Readiness, Small Games, Warming up