ABSTRAK
PENGARUH METODE STORY TELLING BERMEDIA AUDIO TERHADAP EFIKASI DIRI ANAK TUNANETRA DI SLB-A YPAB TEGALSARI SURABAYA
Nama : Titis Sari Dwi Mukti
NIM : 14010044015
Program Studi : S-1
Jurusan : Pendidikan Luar Biasa
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Prof. Dr. H. Murtadlo, M.Pd
Dilatarbelakangi oleh kemampuan dalam efikasi diri anak tunanetra dalam pembelajaran yang masih perlu dikembangkan. Dalam penelitian ini kemampuan efikasi diri anak tunanetra ditingkatkan melalui metode story telling bermedia audio. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh metode story telling bermedia audio terhadap efikasi diri anak tunanetra di SLB-A YPAB Tegalsari Surabaya.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis pre eksperimen dan rancangan one group pre test-post test design. Teknik statistik yang digunakan dalam analisis data adalah wilcoxon. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh dari hasil pre-test dan post-test. Hasil pre-test 35.35, dan hasil post-test 86.78. Sehingga diperoleh Zh=2.36 lebih besar dibanding nilai krisis 5% Zt=1,96 yang dapat diartikan bahwa ada pengaruh metode story telling bermedia audio terhadap efikasi diri siswa tunanetra di SLB-A YPAB Tegalsari Surabaya.
Kata kunci: story telling, efikasi diri, tunanetra
ABSTRACT
METHOD OF AUDIO MEDIA STORY TELLING ON SELF-EFICATION OF TUNANETRA CHILDREN
Name : Titis Sri Dwi Mukti
NIM : 15010044015
Department : Special Education
Faculty : Education Science
Institution : Surabaya State University
Counselor : Prof. Dr. H. Murtadlo, M.Pd.
Against the background of the abilities in blind children in learning that still need to be developed. In this study the self-efficacy abilities of blind children were improved through audio-media storytelling methods. The purpose of this study was to discuss the storytelling method of audio media research on the self-efficacy of blind children in the SLP-A YPAB Tegalsari Surabaya.
The research design used is quantitative research with the type of research and design of one group before the design test post-test. The statistical technique used in data analysis is Wilcoxon. Data collection techniques consist of tests, observation and documentation. The results of the study were obtained from the results of the pre-test and post-test. Pre-test results 35.35, and post-test results 86.78. Zh = 2.36 received greater than the estimated value of 5% Zt = 1.96 which can be interpreted as there is an audio media telling story method for the self-efficacy of blind students in SLB-A YPAB Tegalsari Surabaya.
Keywords : story telling, self-efficacy, blind