Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas klinik terhadap kepuasan pasien di klinik Pratama Tri Cipto Waluyo Jombang.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 110 orang. Objek yang menjadi responden penelitian ini yaitu pasien di klinik Pratama Tri Cipto Waluyo Jombang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan (X1) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien, sedangkan variabel fasilitas klinik (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien di klinik Pratama Tri Cipto Waluyo Jombang. Secara simultan variabel bebas kualitas pelayanan dan fasilitas klinik berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat kepuasan pasien di klinik Pratama Tri Cipto Waluyo Jombang.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan.
This study aims to explained and analyzed the effect of clinical service quality and facilities on patient satisfaction in the Pratama Tri Cipto Waluyo Jombang clinic.
This type of research used in this study is a quantitative study using purposive sampling technique with 110 respondents. The objects of this study were patients in the Pratama Tri Cipto Waluyo Jombang clinic.
The results of this study indicated that the service quality variable (X1) partially has a positive and significant effect on patient satisfaction, while the clinical facility variable (X2) has a partially positive and significant effect on patient satisfaction at the Pratama Tri Cipto Waluyo Jombang clinic. Simultaneously the independent variable of service quality and clinical facilities had a positive and significant effect on patient satisfaction at the Pratama Tri Cipto Waluyo Jombang clinic.
Keywords: Service Quality, Facilities, Satisfaction.