Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII SMPN 2 Taman Sidoarjo
Development of Interactive Multimedia for Human Digestive System Material for Class VII SMPN 2 Taman Sidoarjo
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan Multimedia Interaktif yang layak digunakan pada mata pelajaran IPA untuk kelas VIII materi sistem pencernaan pada manusia. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE karena dalam prosedur pengembagannya dapat digunakan untuk berbagai macam bentuk pengembangan produk seperti model strategi pembelajaran , metode pembelajaran media dan bahan ajar. Terdapat 5 tahapan sehingga pelaksanaan sistematis yaitu analisis, desain, pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan wawancara, angket, dan tes untuk mengetahui kelayakan media. Untuk mengetahui tingkat kelayakan menggunakan teknik analisis guttman.
Data kelayakan produk yang dihasilkan, ditentukan melalui hasil validasi ahli materi 100% yang termasuk dalam kategori sangat baik, ahli media yaitu 93,3% yang termasuk dalam kategori sangat baik, ahli desain pembelajaran 87,5% yang termasuk dalam kategori sangat baik, ahli bahan penyerta yaitu 95% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Uji coba yang dilakukan baik uji coba perorangan menilai 91,11% termasuk dalam kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil menilai 83,3% sedangkan uji coba kelompok besar 94,4% yang juga termasuk dalam kategori sangat baik. Dari semua penilaian dari ahli materi, media , desain pembelajaran dan saat uji coba kategori yang didapatkan, dapat disimpulkan bahwa pengembangan multimedia interaktif materi sistem pencernaan manusia mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas VIII SMP Negeri 2 Taman Sidoarjo layak untuk digunakan oleh peserta didik.
The purpose of this study is Producing Interactive Multimedia that is suitable for use in natural science subjects for class VIII of the digestive system material in humans. The development model used is the ADDIE model because the development procedure can be used for various forms of product development such as learning strategy models, media learning methods and teaching materials. There are 5 stages so that the systematic implementation of the analysis, design, development, implementation, and evaluation. Data analysis techniques in this study used interviews, questionnaires, and tests to determine the feasibility of the media. To see te level of feasibility using the guttma analysis techique.
The product feasibility data produced, determined through the results of the validation of material experts 100% included in the excellent category, media experts namely 93.3% included in the excellent category, learning design expert 87.5% included in the excellent category, expert the accompanying material that is 95% which is included in the excellent category. Trials conducted both individual trials rate 91.11% included in the very good category, small group trials valued 83.3% while large group trials 94.4% were also included in the very good category. From all the judgments from material experts, media, learning designs and when testing the categories obtained, it can be concluded that the development of interactive multimedia of the human digestive system material of natural science subjects in class VIII of SMP Negeri 2 Taman Sidoarjo deserves to be used by students.