Pengembangan Media Pembelajaran Buku Kalimat Ajaib (BUKAJI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar.
Development of Magic Sentence Book Learning Media (BUKAJI) to Improve Writing Skills of Grade 1 Elementary School Students
Menulis adalah aspek penting dalam proses belajar siswa. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menarik minat dan memotivasi belajar siswa adalah dengan menggunakan media dalam proses pembelajaran. Obervasi awal yang dilakukan pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 di SDN Kepuhkemiri Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo, menunjukkan media yang digunakan guru terbukti belum efektif. Diketahui ada 6 siswa yang mausk di sekolah dasar tanpa mengenyam TK terlebih dahulu. Selain itu ditemukan hampir 50% dari siswa kemampuan menulisnya kurang. Sebenarnya terdapat berbagai bentuk media yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia, salah satunya yaitu media pembelajaran menyerupai buku. Peneliti tertarik untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk buku spiral untuk membelajarkan materi menulis permulaan dengan pokok bahasan kerununan dan kehidupan sehari-hari. Media tersebut diberi nama Buku Kalimat Ajaib. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media buku yang sudah ada dan diterapkan di skeolah dasar serta mendeskripsikan kelayakan serta keefektivannya dalam meningkatkan keterampilan menulis serta motivasi dan hasil belajar Bahasa Indonesia 1 SD.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kepuhkemiri Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo pada semester 2 tahun pelajaran 2023-2024. Sampel penelitian yaitu kelas 1. Pengembangan media pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan model 4D. Dalam penelitian ini digunakan instrumen berupa lembar validasi, lembar pengamatan aktivitas siswa selama pembelajaran, angket respon guru dan siswa terhadap media, angket motivasi belajar siswa, serta tes hasil belajar, lembar pengamatan afektif dan psikomotor. Instrumen tersebut untuk mengetahui keefektifan, kepraktisan, dan kevalidan media Buku Kalimat Ajaib (BUKAJI) untuk siswa kelas 1 SD.
Berdasarkan Hasil olah data Validasi ahli media tercatat 99,3% sangat valid dan ahli materi tercatat 88,3% sangat layak digunakan. Sedangkan hasil pretest dan postest siswa diperoleh nilai rata-rata 33,83 dan 52,50 dengan keterangan siginifikan. Untuk respon siswa rata -rata 96,09% dan aktivitas guru 92,5% Dengan demikian, ada pengaruh signifikan dengan diterapkannya media BUKAJI yang dikembangkan. media BUKAJI ini efektif meningkatkan hasil belajar menulis permulaan siswa kelas 1 di SDN Kepuhkemiri Tulangan Sidoarjo.
Writing is an important aspect of the student learning process. One way that can be done to attract interest and motivate student learning is to use media in the learning process. The initial observation carried out on Grade 1 Indonesian learning at SDN Kepuhkemiri, Tulangan District, Sidoarjo Regency, showed that the media used by teachers proved to be ineffective. It is known that there are 6 students who want to go to elementary school without attending kindergarten first. In addition, it was found that almost 50% of students lacked writing skills. Actually, there are various forms of media that can be used in Indonesian learning activities, one of which is learning media that resembles books. Researchers are interested in developing learning media in the form of spiral books to learn initial writing material with the subject of collapse and daily life. The media is named the Magic Sentence Book. This research aims to develop existing book media and apply it in basic processing and describe its feasibility and effectiveness in improving writing skills as well as motivation and learning outcomes of Indonesian 1st Grade.
This research was carried out at SDN Kepuhkemiri, Tulangan District, Sidoarjo Regency in semester 2 of the 2023-2024 school year. The research sample is grade 1. The development of learning media in this study uses a 4D model. In this study, instruments were used in the form of validation sheets, observation sheets of student activities during learning, questionnaires of teacher and student responses to the media, questionnaires of student learning motivation, as well as learning outcome tests, affective and psychomotor observation sheets. The instrument is to determine the effectiveness, practicality, and validity of the Magic Sentence Book (BUKAJI) media for grade 1 elementary school students.
Based on the results of data processing, the validation of media experts was recorded as 99.3% very valid and the material experts were recorded at 88.3% very feasible to use. Meanwhile, the results of the pretest and posttest students obtained an average score of 33.83 and 52.50 with significant information. For the average student response of 96.09% and teacher activity 92.5% Thus, there is a significant influence with the implementation of BUKAJI media that is developed. BUKAJI media is effective in improving the learning outcomes of starting writing for grade 1 students at SDN Kepuhkemiri Tulangan Sidoarjo.