Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran siklus 5E pada materi pemanasan global untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP. Keterlaksanaan pembelajaran pada penelitian ini diperoleh modus 4 dengan kriteria sangat baik. Pada penelitian ini menggunakan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilaksanakan pada 32 siswa Kelas VII-A dan 32 Kelas VII-B SMP Negeri 1 Karangbinangun. Hasil penelitian ini berupa hasil belajar kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan. Hasil belajar kompetensi pengetahuan diperoleh dari hasil uji N-Gain yang menunjukkan bahwa 78% siswa memperoleh skor dalam kriteria tinggi pada Kelas VII-A. Pada Kelas VII-B 62,5% siswa memperoleh skor dalam kriteria tinggi. Hasil belajar kompetensi pengetahuan siswa diketahui dari nilai pretest dan posttest siswa. Hasil posttest siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya model pembelajaran siklus 5E. Hasil belajar kompetensi keterampilan pada Kelas VII-A diperoleh nilai rata-rata 72 dengan kriteria baik pada pertemuan 1 dan 86 dengan kriteria sangat baik pada pertemuan 2. Pada Kelas VII-B diperoleh nilai rata-rata 71 dengan kriteria baik pada pertemuan 1 dan 83 dengan kriteria sangat baik pada pertemuan 2. Penelitian ini mendapatkan respons positif dari siswa Kelas VII-A dan VII-B. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran siklus 5E pada materi pemanasan global dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP.
Kata Kunci: model pembelajaran siklus 5E, hasil belajarĀ
The purpose of this research to describe implementation of learning cycle 5E model on global warning material to increase junior high school student learning outcomes. The learning activity in this research obtained mode 4 with very good criteria. This research used a One Group Pretest-Posttest Design. The research was conducted on 32 students of Class VII-A and 32 students of Class VII-B of SMP Negeri 1 Karangbinangun. The results of this research are in the form of learning outcomes of knowledge competence and skills competence. Learning outcomes of knowledge competence are obtained from the results of the N-Gain test which shows that 78% of students get a score in the high criteria in Class VII-A. In Class VII-B 62,5% of students scored in high criteria. Student competency knowledge learning outcomes known by students score pretest and posttest. Learning outcomes of skills competence in Class VII-A obtained an average value of 72 with good criteria at meeting 1 and 86 with very good criteria at meeting 2. In Class VII-B obtained an average value of 71 with good criteria at meeting 1 and 83 with very good criteria at meeting 2. This research received positive response from students of Class VII-A and VII-B. The conclusion of this research is the implementation of the learning cycle 5E model on the global warming material can improve junior high school student learning outcomes.
Keywords: learning cycle 5E model, learning outcomes