Dalam kurikulum 2013 terdapat berbagai materi pembelajaran yang dapat dilaksanakan oleh siswa sebagai sarana aktivitas fisik, salah satunya yaitu shooting free throw bola basket, pada materi tersebut siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan kurang terampil dalam pelaksanaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model explicit instruction terhadap hasil belajar shooting free throw bola basket. Jenis penelitian ini adalah penelitian praeksperimen dengan menggunakan desain one grup pre-test post-test design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI-D SDN Rungkut Menanggal I/582 Surabaya sebanyak 32 orang, pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Adapun instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar, instrumen pengetahuan berupa tes tulis dengan bentuk soal pilihan ganda sedangkan instrumen keterampilan berupa tes shooting free throw bola basket yang akan diberi penilaian secara process-oriented dan product-oriented. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model explicit instruction berpengaruh terhadap hasil belajar shooting free throw bola basket pada aspek pengetahuan dan keterampilan process-oriented, namun tidak berpengaruh pada aspek keterampilan product-oriented.
Kata kunci: model explicit instruction, hasil belajar, sekolah dasar
In the 2013 curriculum there are various learning materials that can be implemented by students as a means of physical activity, one of which is shooting free throw basketball, in this material students have difficulty in understanding and are less skilled in implementation. This study aims to determine the effect of explicit instruction model on the learning outcomes of shooting free throw basketball. This type of research is a preexperimental research using one group pre-test post-test design. The sample in this study was 32 students of class VI-D students of SDN Rungkut Menanggal I / 582 Surabaya, sampling using cluster random sampling technique. The instruments used are learning outcomes tests, knowledge instruments in the form of written tests in the form of multiple-choice questions while skill instruments In the form of a basketball free throw shooting test that will be assessed in a process-oriented and product-oriented manner. The results of this study show that the use of explicit instruction models affects the learning outcomes of basketball shooting free throw in aspects of knowledge and process-oriented skills, but does not affect aspects of product-oriented skills.
Keywords: explicit instruction model, learning outcomes, elementary school