PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SHIBORI BERBASIS VIDEO TUTORIAL MELALUI YOUTUBE
DEVELOPING SHIBORI LEARNING MEDIA BASED ON VIDEO TUTORIAL THROUGH YOUTUBE
Pengembangan media pembelajaran shibori berbasis video tutorial memudahkan edukasi materi untuk dikerjakan mandiri di rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) tingkat validitas video tutorial membuat shibori berdasarkan nilai dari ahli media dan ahli materi 2) respons pengguna Youtube terhadap video tutorial membuat shibori. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D (define, design, develop, disseminate). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode uji validitas untuk mengetahui tingkat validitas video tutorial yang dinilai oleh ahli materi dan ahli media, serta instrumen berupa angket untuk mengetahui respons pengguna Youtube terhadap video tutorial membuat shibori. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) tingkat validitas yang ditinjau oleh ahli materi mendapatkan nilai 96% dan oleh ahli media sebesar 88% dengan nilai rata-rata 92%, sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak” 2) respons pengguna Youtube mendapatkan nilai rata-rata 93% yang termasuk dalam kategori “sangat baik”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa video tutorial membuat shibori “sangat layak” untuk digunakan sebagai media dan mendapat respons yang “sangat baik” dari pengguna Youtube.
The development of shibori learning media based on video tutorial allows the learning process to be done independently at home. The purpose of this study were to find out 1) the validity level of shibori tutorial video based on ratings from media and material experts 2) the response of Youtube users to shibori tutorial video. The research method used was Research and Development with a 4-D model (define, design, develop, disseminate). The data collection technique in this study used a validity test to find out the validity level of shibori tutorial video assessed by both material and media experts, as well as an instrument in the form of questionnaires to find out how Youtube users responded to shibori tutorial video. Based on the data analysis, the results showed that 1) the validity rate reviewed by the material expert got a score of 96% and by the media expert by 88% with an average score of 92%, so it falls into the category of "very decent" 2) Youtube user response got an average score of 93% which falls into the category of "very good". Thus, it can be concluded that the shibori tutorial video is "very feasible" to be used as a learning media and gets an "excellent" response from Youtube users.