MURAL SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN MASYARAKAT DI SURABAYA: KAJIAN SEMIOTIKA BUDAYA
Hartiningrum, Amalia. 2022. Mural Sebagai Media Pendidikan Masyarakat di Surabaya: Kajian Semiotika Budaya. Tesis, Program Studi Pendidikan Seni Budaya, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (I) Dr. Drs. Djuli Djatiprambudi, M.Sn dan (II) Dr. Autar Abdillah, S.Sn., M.Si.
Kata kunci: Mural, Semiotika budaya, Pendidikan masyarakat.
Tanda visual yang bermuatan pesan sering kali dijumpai pada karya mural di Surabaya sebagai sarana komunikasi dan ekspresi senimannya. Signifikansi mural dengan realitas waktu saat mural dibuat dan rentang waktu berikutnya menjadi penting dalam melihat kebermaknaan mural terhadap citra ruang publik Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah guna melihat bagaimana bentuk mural di Surabaya, struktur tanda dalam media mural dikaji dengan semiotika dan fungsi mural dalam pendidikan masyarakatnya.
Kajian pada penelitian ini mengunakan teori semiotika sturktural Saussure untuk melihat tampilan struktur visual yang ada pada mural, Interpretant Peirce untuk melihat proses pesan-makna pada mural ke masyarakat, dan hipersemiotika dalam Yasraf untuk mengimbangi analisis pengulangan tanda-tanda yang muncul di beberapa mural yang berbeda. Etno-visual Rose digunakan untuk mendeteksi budaya visual yang mempengaruhi tampilan mural di Surabaya. Pendidikan masyarakat Freire guna menggali fungsi mural terhadap masyarakatnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, bila ditinjau dari segi budaya visual menggunakan metode etno-visual. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan studi lapangan. Objeknya adalah mural di sekitar Surabaya selatan dan tiga lokasi diluar sebagai perbandingan keragaman yang telah di saring berdasarkan data pra riset. Subjek atau spektaktor terdiri dari tiga orang yang tinggal atau berdomisisli di dekat lokasi mural berada. Proses pendidikan masyarakat dan interpretasinya terhadap mural didapat dari sintesa tiga lokasi terpilih dengan seorang spektator tiap lokasi.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah bentuk mural di Surabaya cenderung menampilkan gaya gambar naratif dari inisiasi instansi/pemerintah dengan pesan edukasi yang tampak pada tanda-tanda visualnya sedangkan gaya gambar ekpesif lebih banyak diinisiasi seniman/komunitas penggiat mural namun tanda visual yang muncul lebihbersifat kritik dan ekspresi. Struktur muralnya memiliki keterbacaan yang cukup tinggi baik segi visual maupun teks. Keberadaan mural dirasakan spektator menjangkau individu namun pemahaman setiap individu merupakan hasil relasi atas persepsi visual dan konsep yang dianut. Proses Pendidikan masyarakat hanya dapat menjangkau individu namun belum dapat menjadi kesadaran kolektif yang mampu menggerakkan masyarakat untuk merubah prilakunya.
ABSTRACT
Hartiningrum, Amalia. 2022. Mural as a Media for Public Education in Surabaya: A Study of Cultural Semiotics. Thesis, Cultural Arts Education Study Program, Postgraduate, Surabaya State University. Supervisor (I) Dr. Drs. Djuli Djatiprambudi, M.Sn and (II) Dr. Autar Abdillah, S.Sn., M.Sc.
Keywords: Mural, Cultural Semiotics, Public education.
Visual signs that are displayed often appear in mural works in Surabaya as a means of communication and expression of the artist. The mural is significant with the reality of the time when the mural was made and the subsequent time span becomes important in seeing the significance of the mural on the image of Surabaya's public space. The purpose of this study is to see how the form of murals in Surabaya, the structure of signs in mural media is studied with semiotics and the function of murals in public education.
The study in this study uses Saussure's structural semiotic theory to see the appearance of the visual structure in the mural, Peirce's Interpretant to see the process of message-meaning on the mural to the public, and hypersemiotics in Yasraf to see the analysis of the signs that appear in several different murals. Ethno-visual Rose is used to detect visuals that affect the appearance of murals in Surabaya. Freire community education in order to capture the function of murals in the community.
This research uses an approach approach, when viewed from the perspective of visual culture using the ethno-visual method. Data collection methods used include observation, interviews, documentation and field studies. The objects are murals around southern Surabaya and three locations outside as a comparison of diversity that has been summarized based on pre-research data. Subjects or speculators consist of three people who live or are domiciled near the location of the mural. The process of public education and its interpretation of the murals were obtained from the synthesis of three selected locations with a spectator for each location.
The result of the research is that murals in Surabaya tend to display a narrative image style initiated by the government/institution with an educational message that appears in the visual signs, while the expressive image style is initiated by the mural artist/community, but the visual signs that appear are more critical and expressive. The mural structure has a fairly high legibility both in terms of visual and text. The existence of the mural is perceived as a spectator reaching individuals, but the understanding of each individual is the result of the relation between visual perception and the concept adopted. The process of community education can only reach individuals but cannot yet become a collective awareness that is able to move people to change their behaviour.