STUDI LITERATUR PENGARUH AUDITORY-VERBAL THERAPY (AVT) PADA PERKEMBANGAN BAHASA ANAK TUNARUNGU
LITERATURE STUDY OF THE INFLUENCE OF AUDITORY-VERBAL THERAPY (AVT) ON THE LANGUAGE DEVELOPMENT OF DEAF CHILDREN
Literatur review ini berfokus pada mengkaji peranan AVT untuk anak tunarungu, terutama pada perkembangan bahasa anak. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji peranan AVT pada perkembangan bahasa anak tunarungu, tujuan dicapai dengan membuktikan peranan serta keefektifan metode pada temuan literatur. Metode pada penelitian ini adalah dengan menggunakan literature review melalui pengumpulan data-data melalui buku, e-jurnal nasional dan/atau e-jurnal internasional, dan prosiding yang sudah terindeks yang membahasa mengenai pengaruh AVT pada anak tunarungu. Hasil penelitian ini adalah AVT dapat memberikan dampak positif pada 4 poin utama yaitu aspek kemampuan mendengar, kemampuan berbicara, perkembangan berbahasa dan prestasi akademik pada anak tunarungu.
This literature review focuses on examining the role of AVT for deaf children, especially in children's language development. The purpose of this study was to examine the role of AVT in the language development of deaf children, the goal was achieved by proving the role and effectiveness of the method in the literature findings. The method in this study is to use a literature review through collecting data through books, national e-journals and/or international e-journals, and indexed proceedings that discuss the effect of AVT on deaf children. The results of this study are AVT can have a positive impact on 4 main points, namely aspects of listening ability, speaking ability, language development and academic achievement in deaf children.